Setuju dengan Martinus. Kalau S2 IT (Java) diharapkan setelah lulus
jadi researcher. Kalau cuma sekedar untuk kerja di luar negeri tidak
perlu S2. Setidaknya itu dari pengalaman beberapa rekan dan saya
sendiri. Kalau yang disasar adalah posisi programmer, analyst,
architect maka yang diperlukan adalah pengembangan kompetensi yang
praktikal.

Kalau S2 non-IT ya mungkin aja targetnya bukan jadi researcher. Incar
posisi manajemen di luar negeri gitu? Apakah memungkinkan? Saya ga
tau.

2010/4/21 Martinus Johan Wahyudi <mjwahy...@gmail.com>

> Bung Frans,
>
> saya quote dulu ya tulisan bung "saya pribadi masih merasakan kalau ilmu Java
> lebih cukup dari pada gelar... jadi mendingan ikutan kelas belajar Java untuk
> go Singapore atau Malaysia daripada S2, bener gak rekan-rekan".
>
> Saya pribadi, berharap klo ambil S2 (terutama di negara masternya software),
> tidak belajar javanya, tapi lebih ke teori komputasinya. Jujur nih, saya
> terkagum-kagum dengan teknologi-teknologi canggih sistem distribusi, sistem
> cloud, dsb. Cuma saya memandang kok, susah bener ya mencari orang yang bisa
> [...]

Kirim email ke