From: Mudzakkir <mudzakkirt...@yahoo.com>
Date: Mon, 26 Apr 2010 14:09:30 -0000
To: JUG-Indonesia <jug-indonesia@yahoogroups.com>
Subject: [JUG-Indonesia]  Bekerja dengan Date di Java

Assalamu'alaikum teman-teman...
Sebenarnya dari dulu saya punya kasus dengan dateTime di java ini. Agak aneh
ketika saya menggunakan fungsi-fungsinya. Misalkan seperti ini:
System.out.printl(new Date().getYear());
maka munculnya seperti ini:
110
Wah, ini kan tahun 2010, bukan tahun 110. Lalu saya ingin mengambil Month
sekarang, kan ini bulan 4. Saya panggil fungsinya:
System.out.println(dateNow.getMonth());
Munculnya seperti ini:
3
Wah, ini kan bulan 4.
lalu saya coba baca source jdk yang calendar saya dapatkan sourcenya:
@Deprecated
    public int getMonth() {
 return normalize().getMonth() - 1; // adjust 1-based to 0-based
    }
Untuk mengambil tahun tersebut saya sampai membuat fungsi tersendiri:
System.out.println(dateNow.toString().substring(dateNow.toString().length()-
4, dateNow.toString().length()));
maka itu baru muncul 2010.
Mungkin value getMonth() dari Datenya java itu apakah benar sudah merujuk ke
value bulan ya?
Dari code source java yang di atas tersebut kan ada -1, lihat sintaks ini:
return normalize().getMonth() - 1;
Apakah mungkin kan ini bulan 4. 4-1=3. maka munculnya getMonth() kenapa
muncul integer 3 dari situ? saya baca source-nya setahu saya index bulan
(integer)-nya dimulai dari integer 1 dan sampai 12. jadi bukan index 0
sampai 11. Apakah seperti itu? Atau mungkin gimana sih?
Oh, ya. Untuk mengetahui source biar lebih cepat saya menggunakan cara: Dari
IDE Netbeans, tekan tombol control di keyboard, lalu arahkan kursor ke
source yang ingin di tuju, misalkan new Date(), nah untuk mengetahui source
Date, arahkan saja kursor di sintaks Date() itu, maka nanti lak kursornya
berubah menjadi seperti link, lalu klik kiri.
Kalau fungsi getYear saya temukan seperti ini:
@Deprecated
    public int getYear() {
        return normalize().getYear() - 1900;
    }
nah mungkin kenapa munculnya 110 dari sini: 2010 - 1900 = 110.
Mohon pencerahannya...