+1

jadi inget dulu, ada presenter dari jetbrains. sekitar 3 tahun lalu.

dia tanya, ide apa yg paling banyak dipakai di antara audience. yg paling
banyak dipakai: eclipse.
lalu dia tanya, kalau di charge 250 dolar, siapa yg pake eclipse? audience
yg angkat tangan berkurang 70%.
lalu dia tanya lagi, kalau dicharge 500 dolar, siapa yg masih pake eclipse?
ga ada yg angkat tangan.

awalnya eclipse gain popularity karena gratis.
gue awalnya switch ke eclipse juga karena gratisnya itu. vendor besar ikutan
eclipse karena komunitasnya besar.

kalau lupa kacang akan kulitnya, kalau jug itu mau meniru model license open
source yg berubah, dari gratis jadi berbayar. programmer banyak yg kecewa
dan menyesal, kenapa dulu ngikutin komunitasnya.
menggunakan gratisme untuk menarik peserta, lalu mulai dibisnisin.

kalau pasang iklan di-charge, mungkin orang akan switch ke alternatif lain.
anyway, orang yg interest kerja juga akan daftar jobsdb, jobstreet,
monsters. jadi sebenarnya ga ada keunggulan milis jug selain gratis. kalau
gratisnya diambil, yg mo pasang iklan cuma sedikit. dan yg pasang iklan
mungkin cuma jobsdb, jobstreet dan monsters. wakakaka.

2010/4/28 Martinus Johan Wahyudi <mjwahy...@gmail.com>

> +1 for JUG is Community,
>
> not offense, tapi ini community loh
> janganlah main charge2, yg namanya dana klo community sumbernya pasti
> sumbangan. klo sumbangan diwajibkan untuk suatu aktivitas tertentu namanya
> jadi pungutan. masak loe mau buat JUG jadi kayak negara ini, apa kata orang?
>
> urusan job posting-memposting ini mending loe bikin cabang usaha
> recruitment deh frans, bisa pake meruvian kan, plus resource yg disediakan
> udah loe sertifikasi JENI.
> soal posting jobs di JUG, biarin aja begini, sudah OK kan kita semua, gak
> ada masalah.

> [...]

Kirim email ke