nambahin Ferdinand aja. maap kalo salah, udah beberapa waktu ga koding
BlackBerry (context-switching gw terlalu cepet, belajar ini-itu bikin
ini-itu akhirnya ga ada yg nempel di otak :D)

di BB ada 4 jenis aplikasi yg bisa dibikin:
- Midlet, alias program J2ME buat hape Java dijalanin di bebe
- RIMlet, bikinnya pake Java juga cuman spesifik ke bebe
- Web, ini bukanya pake bebe Browser, sama aja kayak bikin website
biasa, cuman browser bebe bapuk
- Widget, ini bikin pake HTML+JavaScript cuman dicompile jadi COD
("Jar"nya bebe) <-- butuh OS 5

nah untuk bikin semua itu, modalnya cuma komputer+tahan stress+cewek (opsional).

eits belum selesai. ada beberapa API yg sifatnya protected. kenapa
protected? karena RIM mau tau "siapa aja sih yg pakai API gw yg ini?"
untuk menggunakan API ini di bebe beneran, program kamu harus dikasih
"signature". gimana caranya? 1. daftar ke RIM 2. bayar (waktu itu 20
USD) 3. dikirim email berisi certificatenya (ada 3 file) 4. pakai deh

certificate ini ada "maksimum pakai"-nya. setiap kamu bikin COD
("jar") yg di-sign, berkurang sekali. cuman karena max-nya =
Integer.MAX_VALUE(?), ya anggap aja seumur hidup.

udah nih gini doang?

di bebe ada fitur "Push". itu lho kayak New Message from Facebook dari
selingkuhan yg nongol pas kita lagi pacaran. cuman untuk menggunakan
fitur ini, kita harus jadi Alliance Member RIM. dan ini bayar 2000(?)
USD/tahun(?).

dengan jadi Alliance Member, kita juga berhak menggunakan "jalur
khusus" (BIS) untuk data. kalo ga pake jalur ini, komunikasi user ke
server akan melalui GPRS dan bayar. kalo pake jalur khusus, usernya ga
perlu bayar soalnya udah masuk dalam paket BlackBerry plan (yg bayar
juga sih).

--
salam hangat,
Thomas Wiradikusuma