Kalo dari pengalaman gw tuning2 JVM, throughput aplikasi (time spent on
processing vs time spent on gc) bisa ditune di parameter command line JVM nya
bro.

Kalo dari segi coding Java yah best practice nya setiap objek yang tidak
dipakai lebih baik dikasi null. Khususnya objek2 yang "heavyweight" spt
Connection, InitialContext, dll.

Kalo dari rekomendasi Sun sendiri, System.gc() sebaiknya tidak dipanggil manual
dari program, karena bisa2 malah menurunkan throughput tadi, karena sementara
GC berjalan keseluruhan sistem akan stop selama beberapa saat ("stop the world"
mechanism).

--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, Mirza Akhena <mirken...@...> wrote:

> Salam temen2 JUG..
>
> mo tanya nih,
>
> Kita semua tahu Java punya mekanisme Garbage Collector (GC).
> Dimana si "pemungut sampah" ini bekerja secara periodik untuk "mendaur ulang
> memory" ketika dia menyadari kalo ada object yang tidak terpakai lagi
> (CMIIW).
>
> Lantas kenapa dan kapan kita harus memanggil System.gc() ?
> atau perlukah secara explisit kita meng-assign nilai "null" pada object yang
> kita tahu "nanti semestinya" dipungut oleh si GC krn kita gak butuh object
> itu lagi ?

> [...]

Kirim email ke