2010/5/17 Muhammad Ichsan <ich...@gmail.com>

> Dear All
>
> Ada yang tau gimana cara setting waktu di aplikasi tanpa harus
> mengubah waktu sistem operasi? Saya perlu testing menggunakan tanggal
> tertentu.

Tergantung gimana cara ngambil waktunya.

Kasus #1
Beberapa aplikasi ada yang simply ngambil jam sistem, misalnya
Transaksi t = new Transaksi();
t.setTanggalTransaksi(new Date()):

Kasus #2
Ada juga aplikasi yang maintain tanggal kerja sendiri di database.
Transaksi t = new Transaksi();
t.setTanggalTransaksi(ambilTanggalKerjaHariIni()):

Nah kalo ini, tinggal edit aja tanggal kerja di database.

Gimana untuk kasus #1 ?
Short answer : Tidak bisa, harus ganti jam OS.
Long answer : Coba pakai ini :
http://code.google.com/p/powermock/wiki/MockSystem
Kemudian override System.currentTimeMillis(), new Date(), dan teman2nya.

--
Endy Muhardin
http://endy.artivisi.com

Kirim email ke