Menset object menjadi null bisa dibilang praktek yang baik, tapi saya sendiri
tidak pernah melakukan hal itu secara eksplisit. Untuk aplikasi database dengan
crud intensive saya biasanya menggantungkan object lifecycle ke framework.
Spring akan menangani view dan controller, dimana kebanyakan objectnya
singleton, jadi gak perlu di-gc. Model dan DTO lifecycle diserahkan ke
Hibernate, ga ragu lagi dengan kualitas kode kedua framework ini.

Sisanya saya belajar bagaimana meload Entity dengan efisien, tidak menggunakan
Eager dengan sembarangan. menggunakan StringTokenizer instead of split(),
menggunakan StringBuilder instead of string concatenation dan praktek2 lain
yang disarankan joshua bloch di efective java.

Masalah yang lebih serius menurut saya adalah resources dibanding object
lifecycle. Kapan membuka dan menutup JDBC connection, connection pool, session,
sessionfactory, file read-write dst. Jadi instead of rajin-rajin set
object=null mending rajin-rajin session.close() ;)
Sent from my www.pageflakes.com startpage

Kirim email ke