mau menambahkan.

gw ga akan jelasin soal class diagram, hanya motivasinya.

kenapa dibikin class diagram/ERD?
- untuk dokumentasi?
- untuk visualisasi coding?
- untuk compliance?

semua penting, tapi yang terpenting adalah UNTUK KOMUNIKASI.

daripada bilang ke rekan kerja kita, "gini lho, ntar kelas anu ada
interaksi ke kelas anu, trus si anu ke anu, trus ya gitu deh, bego
amat sih lo gitu aja ga ngerti" lebih mudah dijelaskan dengan gambar
kan?

seperti kata orang, a picture is worth a thousand words. kalo gw
cerita ke temen gw, "eh tadi gw abis kenalan sama janda cakep lho,
montok banget deh, kayaknya bispak" pasti temen gw bilang, "no pic?
hoax tuh!" gambar mempermudah visualisasi, sehingga mempermudah
comprehension.

trus kenapa harus class diagram/ERD/diagram UML? karena itu STANDARD.
sebenernya ga ada larangan bikin diagram harus pake ini/itu. kita pun
boleh menciptakan diagram sendiri, misalnya daripada UML kita maunya
"ML EnAk" (Markup Language Enhanced Akhh...). tapi kalo kita bikin
diagram sendiri, banyak ribetnya (harus mikir lagi, harus ngajarin
orang yg mau baca diagram kita), itu sebabnya orang prefer pakai yg
udah ada.

sekarang kita udah ngerti motivasi kenapa butuh diagram, udah ngerti
kenapa diagramnya harus yg standar, dan sekarang gimana ngegambarnya?
bisa pake Rational Rose cr*ckan, bisa pake AgroUML, bisa pake Visio
cr*ckan, tapi itu semua opsional. gw sering gambar diagram di belakang
struk pembayaran dari supermarket, atau papan tulis, atau di kertas
bekas fotokopian. kalau ingin disimpan ya tinggal gambar ulang yg
cantik, atau foto aja pake kamera hape. yg penting esensinya, bukan
presentasinya.

trus kalo kita kerja sendiri, gak perlu diagram dong? mungkin. tapi gw
orang pelupa, jadi gw bikin diagram sebagai media komunikasi untuk
diri gw sendiri di masa depan. diagram juga penting untuk
branstorming.

--
salam hangat,
Thomas Wiradikusuma

2010/5/25 Romi Satria Wahono <r...@brainmatics.com>

> Ikutan nimbrung ...
> Proses identifikasi class itu dari dulu masalah klasik, disebut kerjaan yg
> sangat berat oleh Grady Booch, dan supaya ga puyeng dibuatin teknik ekstrasi
> noun dan noun phrase dari problem statement oleh James Rumbaugh.

Kirim email ke