hm, bisa di copy paste exceptionnya seperti apa. jadi kita di sini ga pake
ilmu perdukunan.

biasanya sih aplikasi jar ga jalan karena library yg dibutuhkan tidak ada di
tempat, atau ada di tempat tetapi tidak direferensi oleh classpath di file
MANIFEST.MF, atau file MANIFEST.MF ini tidak ada. dalam kasus ini biasanya
library jms client-nya.