point taken

Thanks :)

________________________________
From: Andrian Kurniady <andr...@kurniady.net>
To: jug-indonesia@yahoogroups.com
Sent: Fri, August 13, 2010 11:31:26 PM
Subject: Re: [JUG-Indonesia] InConsistent Naming Convention in Java

Anda salah mengerti fungsi dari class dan interface tersebut, dan mungkin juga
arti dari kata2 tersebut.
Nama yang diberikan pada interface dan class menjelaskan "what is it", bukan
menyangkut dia interface atau class.

Observer => something that can observe.
Observable => something that can be observed.

Dalam implementasinya, observable dibuat sebagai semacam "abstract class",
intinya mendecorate Object menjadi Observable. Observer interface tujuannya
diimplement oleh class yang mau dipakai untuk mengobserve sebuah Observable.
Observer tidak mengimplement Observable, juga tidak sebaliknya.

Thread => a "thread" of execution
Runnable => can be run.

Thread implements Runnable, karena intinya Thread is Runnable.

Comparable => can be compared
Comparator => can compare things

Class yang implement comparable artinya bisa dicompare. Sedangkan comparator
dipakai untuk mengcompare dua object (yang tidak harus implement comparable).
Comparator tidak mengimplement comparable.

Perhatikan perbedaan arti dari "kemiripan" nama ketiganya. It's not about
naming
convention, it's about the meaning in English and "what" the class/interface is
all about.

-Kurniady