aku lagi flu pula hari ini, mudah-mudah bukan flu
pidong...
snip...snip...muuuuuuah...

-bobby formula

From: "Indra Harjanto" <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [Lingk] Info Sehat : Flu Burung? Tenang
Jangan Panik Dulu...

Dear Members,
Tampaknya sebuah "teror" baru sedang ngetrend di
negeri yaitu flu burung.
Semalam saya iseng makan di warung tenda pecel ayam
depan rumah.
Mulanya saya pesan pecel lele, tapi abangnya bilang
sudah habis. Padahal
baru jam 7.30 malam !. Abangnya juga bercerita bahwa
stock lele sudah ditambah hingga setengah kebutuhan
biasanya. Saya sangat terkejut, apakah sudah
sedemikian
paniknya masyarakat kita akan flu burung?

Sebenarnya apa sih flu burung dan bagaimana
penanganannya dalam cara memasak? Berikut adalah
penjelasan yang saya kutip dari website-website
surat kabar dan instansi pemerintah

Flu Burung adalah Penyakit flu burung atau flu unggas
(Bird Flu, Avian Influenza) adalah suatu penyakit
menular yang disebabkan oleh virus influenza tipe A
dan ditularkan oleh unggas Influensa tipe A terdiri
dari beberapa strain, antara lain H1N1, H3N2, H5N1 dan
lain-lain. Influensa A (H5N1) merupakan penyebab wabah
flu burung di Hongkong, Vietnam, Thailand, dan Jepang.

Virus flu burung hidup di dalam saluran pencernaan
unggas. Kuman ini kemudian dikeluarkan bersama
kotoran, dan infeksi akan terjadi bila orang
mendekatinya. Penularan diduga terjadi dari kotoran
secara oral atau melalui saluran pernapasan. Orang
yang terserang
flu burung menunjukkan gejala seperti terkena flu
biasa, antara lain demam, sakit tenggorokan dan batuk,
tapi kondisinya sangat cepat menurun drastis. Bila
tidak segera ditolong, korban bisa meninggal. Seperti
halnya influensa, flu burung ini sangat mudah
bermutasi.

Langkah-angkah pencegahan yang harus diambil :

a. Pada Unggas:
1. Pemusnahan unggas/burung yang terinfeksi flu burung
2. Vaksiasi pada unggas yang sehat

b. Pada  anusia :
1.Kelompok berisiko tinggi (pekerja peternakan dan
pedagang)
a. Mencuci tangan dengan desinfektan dan mandi sehabis
bekerja.
b. Hindari kontak langsung dengan ayam atau unggas
yang terinfeksi flu burung.
c. Menggunakan alat pelindung diri. (contoh : masker
dan pakaian kerja).
d. Meninggalkan pakaian kerja ditempat kerja.
e. Membersihkan kotoran unggas setiap hari.
f. Imunisasi.

Diajurkan pada masyarakat umum untuk selalu menjaga
daya tahan tubuh dengan memakan makanan bergizi &
istirahat cukup. Masyarakat juga tidak perlu panik
dan lantas tidak mau mengkonsumsi makanan dari unggas.
Sebetulnya dengan cara masak kita selama ini, virus
flu
burung sudah dipastikan akan mati.

Berikut adalah tips untuk mengolah makanan berbahan
unggas :

1. Untuk telur, sebaiknya cuci dulu kulit telurnya hal
ini dimaksudkan untuk melakukan tindakan pencegahan
awal
2. Pilih unggas yang sehat (tidak terdapat
gejala-gejala penyakit pada tubuhnya)
3. Memasak daging ayam sampai dengan suhu ± 80 °C
selama 2 menit dan pada telur sampai dengan suhu ± 65
°C selama 4,5 menit.

Semoga informasi ini dapat menambah wawasan
rekan-rekan milis sehingga tidak ikut-ikutan panik
seperti orang lain. Pokoknya mah..tenang saja, cara
masak kita sudah benar kok, virus flu burung tidak
akan menular melalui makanan yang telah dimasak dengan
benar.

Salam,

Indra Harjanto

http://mail.yahoo.com