> Lho kok cuma punya 1 NIC?
> Mau jadi router (NAT) atau tidak mestinya perlu 2 NIC, satu ke LAN
> (client) yang lain ke Internet.
> Kalau cuma 1 NIC mestinya client bisa bypass proxy (kalau tahu gateway
> addressnya).

Di tempat saya untuk user menggunakan gateway di switch layer 3 pak (sub
interfacing VLAN), dan swith layer 3 nya
Yang ngegateway ke Cisco Router, dari router ngegateway ke firewall,
kemudian dari firewall ke internet (CBN),
Nah di firewall ini saya bisa set ip mana saja yang di allow, untuk proxy
sudah saya allow menggunakan port-port
Yang di perlukan, di luar itu saya block semua access.

Jadi walaupun user mengetahui gatewaynya, sudah saya cegat di firewall pak.

Mohon pencerahannya pak.

Best Regards,

Slamet Raharjo
IT Dept