Assalamu'alaikum wr wb

Mbak Hana,
Cak Huttaqi (dalam milis Huttaqi) dalam suatu artikel beliau pernah berkata
yang saya ingat yaitu kalau berhubungan dengan ilmu syari'at maka wajib
bertanya, tapi kalau sudah berhubungan dengan ilmu hakikat / ma'rifat maka
diam lebih afdhol dan dilarang bertanya.

Beliau menjelaskan ini saat menyampaikan kisah Nabi Khidir AS dengan
Nabi Musa AS, seingat saya: beliau menjelaskan bahwa Nabi Khidir AS
itu pencerminan ilmu hakekat / ma'rifat, sedangkan Nabi Musa AS adalah
pencerminan ilmu syari'at...wallahu a'lam, Mas Ramdan jauh lebih paham
insya Allah.

Yang saya pengen tahu itu ada hubungannya dengan ilmu syari'at, yaitu
kita wajib bertanya dan tidak boleh diam kalau belum paham, tapi gimana
adap bertanya / kritis dalam hal ilmu syari'at ini...?

Suatu saat saya dkk hadir dalam majlisnya Habib Shodiq Abakar Baharun
di suatu malam, saat beliau menjelaskan tentang suatu hal, lalu saya
bertanya
ini itu, lalu Habib Shodiq berkata, "Yus, ente kok mirip Yahudi, disuruh ini
malah tanya ini tanya itu...!". Lalu saya diam dan tidak banyak tanya lagi,
saya lalu ikut aja perintah2 beliau...sami'na wa atho'na sajalah...

Ustadz Taufiq, salah satu murid Habib Shodiq juga, pernah berkata pada
saya begini: "Kalau dikasih ijazah oleh guru, jangan bertanya selain yang
diperintahkan. Sebab saya pernah dulu saat disuruh oleh guru saya untuk
mengamalkan suatu wirid, lalu saya bertanya: 'pakai puasa tidak?', Lalu
guru saya menambahi ijazah itu dengan puasa, padahal kalau saya tidak
tanya, saya tidak perlu puasa. Kadang2 pertanyaan kita malah justru
memberatkan kita sendiri, guru justru tahu apa yang diijazahkan untuk
muridnya."

Jadi, gimana sebenarnya adab kritis terhadap guru itu? Trm ksh banyak.
Wassalamu'alaikum wr wb
Yusa