bang dayat yg baik:)

masalah khutbah jumat itu memang bagian dari rukun sholat jumat,
apabila tidak ada khutbah jumat, maka batal sholat jumatnya. masalah
Rasulullah dulu melakukan khutbah jum'at dengan menggunakan bahasa
Arab, logikanya karena Rasul tinggal di Arab dan Rasul juga orang
Arab:)inti dari khutbah jumat adalah ingin menyampaikan sesuatu
informasi, andai informasi digunakan dengan bahasa yg tidak digunakan
(dipahami)oleh masyarakat sekitar, mustahil isi dari informasi yg
akan disampaikan bisa sesuai sasaran dan keinginan. besok mudah2an
bisa aku kasih juga pendapat para ulama dan dalilnya:)

Masalah Maulid Nabi, yg terlalu berlebihan menurutmu tapi hanya
merupakan kehati2an menurutku:)
aku selalu mencari tahu kenapa sampai ada warning di masalah maulid
ini?hmm..aku pernah membaca riwayat panglima perang Khalid bin Walid
yg berhasil menaklukan kerajaan Romawi dan semenjak itu umat mulai
mengelu2kan khalid dan mulai membuat nyanyi2an yg memuji kehebatannya
sebagai panglima perang yg tak terkalahkan, akhirnya sayyidina Umar
Bin Khatab mengetahui ada gelagat yg nda beres pada umat yg sedikit
sudah mulai ingin mensejajarkan khalid dengan puji2annya kepada
Allah. akhirnya Umar berinisiatif untuk mengembalikan kemurnian
ketauhidan umat agar puji2an hanya boleh dipersembahkan untuk Allah.
akhirnya umar memecat khalid sebagai panglima perang dan
memposisikannya hanya sebagai seorang tentara perang biasa, agar umat
sadar bahwa khalid tidak layak mendapat puji2an yg bisa disejajarkan
oleh Allah, karena kemenangan tentara islam saat itu tidak lain
karena ijin dari Allah.

hmm..aku semakin sadar, kalau ternyata islam lah satu2nya agama yg
murni hanya menyembah pada Allah, jadi..jagalah kemurnian itu untuk
selalu hati2 agar kita selalu sadar memberikan puji2an hanya untuk
Allah dan bukan berarti aku melarang untuk memuliakan Rasul.
sesungguhnya akupun sangat mengagumi Rasul sebagai manusia sempurna
yg pernah diciptakan oleh Allah:)

kemarin sepulang kantor, aku pergi ke klenteng dan vihara untuk
temani seorang teman yg ingin menulis keunikan sebuah klenteng,
disitu aku bertemu bikshu (pendeta laki2) dan suhu (pendeta wanita),
banyak sekali yg aku tanyakan ke mereka, dan akhirnya menambah
keyakinanku betapa hanya islamlah agama yg murni menyembah Allah dan
kita diminta untuk selalu menjaga kemurnian itu, dari hal2 yg halus
sekalipun-:)

salam:)
hana

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, cinta saja <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Teh Hana yang baik,
> Apa kabar?
>
> Maksudnya adalah, khutbah Jumat kan bagian dari rukun sholat Jumat
yang
> wajib dilakukan.  Jika tidak, maka Jumatnya batal.  Nah, adakah
Kanjeng
> Rasul pernah mencontohkan atau menganjurkan untuk menggunakan
bahasa selain
> Arab?  Jadi intinya adalah ada tidaknya contoh dari Rasulullah ...
>
> Kekhawatiran tentang Maulid Nabi itu menurut saya terlalu
berlebihan, Teh
> ... atau, adakah contoh di syair maulid yang menunjukkan hal itu?
> Mengagungkan dan mencintai Kanjeng Nabi karena mengagungkan dan
mencintai
> ALlah, adakah yang salah?
>
> Memang seharusnya berilmu dulu sebelum beramal ...

> [...]
hmm..pertanyaan

Help save the life of a child. Support St. Jude Children's Research Hospital.
http://us.click.yahoo.com/vJUKhA/lbOLAA/a8ILAA/wDNolB/TM

Ilmu merupakan harta abstrak titipan Allah Subhanahu wata'ala kepada seluruh
manusia yang akan bertambah bila terus diamalkan, salah satu pengamalannya
adalah dengan membagi-bagikan ilmu itu kepada yang membutuhkan.
Janganlah sombong dengan ilmu yang sedikit, karena jika Allah Subhanahu
wata'ala berkehendak ilmu itu akan sirna dalam sekejap, beritahulah orang yang
tidak tahu, tunjukilah orang yang minta petunjuk, amalkanlah ilmu itu sebatas
yang engkau mampu.