bang anut nan ganteng,,,

menurut pendapat saya zakat profesi yang biasanya kita menyebut 2,5%
itu asal-usulnya darimana? kalau tidak salah yang saya fahami adalah
berasal dari zakat perniagaan seperti yang diutarakan oleh ibnu hanifah ,

sedangkan kriteria penerima zakat itu sendiri adalah sudah ditentukan
dalam Qur'an secara langsung yaitu di at-taubah 60, nah sedangkan apa
saja yang wajib dikeluarkan zakatnya adalah sebagai berikut :

1.Emas dan Perak (At-Taubah: 34--35).
2.Tanaman dan Buah-buahan (Al-An'aam: 141).
3.Usaha, seperti Usaha Dagang, dan Lain-Lain (Al-Baqarah: 267).
4.Barang-Barang Tambang yang Dikelurkan dari Perut Bumi (Al-Baqarah: 267).

Selain dari yang disebutkan itu, Alquran hanya merumuskan apa yang
wajib dizakati itu dengan rumusan yang sangat umum, yaitu dengan
kata-kata "kekayaan", seperti firman-Nya: "Ambillah olehmu zakat dari
kekayaan mereka, engkau bersihkan dan engkau sucikan mereka
dengannya." (At-Taubah: 103). Dan firman Allah SWT, "Di dalam kekayaan
mereka terdapat hak peminta-peminta dan orang yang melarat."
(Adz-Dzariyat: 19).

nah saya sendiri kadang memisahkan zakat dengan tujuan jihad
fisabilillah , misalnya seperti yg sampeyan maksud bahwa memberdayakan
harta di jalan gusti Alloh tersebut ,makanya saya hanya mempertanyakan
"legal " atau tidak dan masuk kepada kriteria yang 8 tadi di surat
at-taubah 60,,,,

begicuuu,,,,,tapi walau bagaimanapun kadang memang sulit untuk
mengklasifikasi secara langsung dan jelas, kalau sudah bertujuan
kepada kebaikan,paling kita hanya berharap semoga gusti Alloh ridho
atas apapun usaha kita dalam jalan kebaikan

wassalam
knc

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, anut bang <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Kang nceps
>   sebenarnya aku tidak bisa menyatakan istilah zakat penghasilan
dalam  kasus ini adalah legal atau tidak karena aku dan teman-teman
tidak mau  berpolemik dengan istilah. untuk saat ini kami lebih
familier dengan  istilah tersebut. itulah sebelumnya aku menyatakan
terserah istilah  saudara-saudaraku di Keluarga Islam mau menyebutnya
apa.
>   Tapi pada dasarnya adalah memproduktifkan harta yang  disisihkan
untuk di jalan Allah

>   He..he.. memang kadang istilah bahasa kita yang begitu kayanya
sehingga  satu jenis hewan bisa banyak namanya apalah bedanya kucing
dengan cat  kalau sama-sama  meong. kambing dengan mbek, biri-biri
dengan  domba.

>   Tentang zakat penghasilan sebaiknya kita buat topik baru dulu.
Rasanya  'jaka sembung' judul tentang "mbek" obrolan tentang zakat
penghasilan.

>   Oh iya sebelumnya aku sudah lontarkan di Keluarga  Islam di nomor
messages 7380 tapi tidak menjelaskan hanya lontaran persoalan yang saja.
>   Namun untuk lebih jelasnya hal ini sudah  dilegalkan dalam bentuk
KEPRES pada saat Prsiden BJ. Habibie. mungkin kita  sudah kenal dengan
istilah BAZ (Badan Amil Zakat).

>   Kembali ke topik inti, ide pelihara mbek atau domba.
>   Aku hanya ingin membicarakan yang lebih mengkongkritkan (istilah
kang  nceps; mengejawantahkan, istilah qurais shihab; membumikan)
nilai  Islam. Karena rasanya kita ngak ada perbedaan kalau berbicara
kebaikan  untuk ummat.

>   Mengapa ide pelihara kambing atau biri-biri ? kita butuh
jawaban-jawaban yang nyata menjawab tantangan problem bangsa ini
sesuai  dengan kafasitas masyarakat yang kita mau bantu. (minimal kita
mulai  dari lingkungan kita sendiri).

>   Problem bangsa kita pasca BBM naik;
>   1. Tingginya pemecatan karyawan (buruh)
>   2. Tingginya Tingkat pengangguran
>   3. Tingginya Tingkat kemiskinan
>   4. Moralitas ?????
>   5. Bencana ????
>   6. Dll (dan lupa lagi)
>
>   kebijakan yang dibuat pemerintah saat ini, apakah membuat rakyat
cerdas???
>   apakah bukan menambah merosot harga diri ???
>
>   Aku ingat sekali, sewaktu aku kecil, lingkunganku marah sekali
kalau  dibilang orang miskin. sekarang betapa tidak malunya menyatakan
diri  orang miskin malah mendaftarkan diri biar termasuk orang miskin
biar  dapat uang jatah dari pemerintah

>   Kebijakan pemerintah yang tidak membawa bangsa menjadi cerdas.
>
>   Untuk itu sebab aku melontarkan ide yang sangat-sangat sederhana,
walau  bukan jawaban terhadap persoalan yang ada, paling tidak ibarat
kata  nabi ibadah yang paling murah meriah membuang duri dipinggir jalan.

>   Dan saya berharap ada ide-ide lain dari saudara-saudara di
Keluarga  Islam yang akan kami wujudkan (insya Allah) dengan
teman-teman di  daerah asal kami.