Ass. Wr.Wb.
Kang nCeps, Kang Rayina & Akang dan Teteh semua, ikut sedikit rembugan
yaa...
Ini yang baru teringat, item Kang nCeps yang no. 4. Tentang Penciptaan
Manusia Pertama (Diri yang Satu), seperti di QS Az-Zummar ayat 6 :"
Dia menciptakan kamu dari DIRI yang SATU (NAFSIN WAAHIDATIN) kemudian
Dia jadikan daripadanya isterinya dan Dia menurunkan untuk kamu
delapan ekor yang berpasangan dari binatang ternak. Dia menjadikan
kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan.
Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan Yang
mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia;
maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?"

Tentang DIRI yang SATU ini, seperti pada ayat yang lain, QS An-Nisa
ayat 1 :" Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah
menciptakan kamu dari DIRI yang SATU (MINNAFSIN WAAHIDATIN), dan
daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah
memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan
bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu
saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan
silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

Juga, QS Al An'am ayat 98:" Dan Dialah yang menciptakan kamu dari DIRI
Yang SATU (MINNAFSIN WAAHIDATIN), maka (bagimu) ada tempat tetap dan
tempat simpanan. Sesungguhnya telah Kami jelaskan tanda-tanda
kebesaran Kami kepada orang-orang yang mengetahui."

Guru saya menjelaskan (semoga Alloh merohmati beliau, amiin), bahwa
DIRI Yang SATU itu, bukanlah NABI ADAM AS yang laki-laki, karena coba
dibaca, pada ayat-ayat diatas Alloh menyebutnya adalah NAFSIN
WAAHIDATIN, disini Alloh memakai kata yang mengandung TA' MARBUTOH,
yang dalam bahasa ARAB hal ini sebagai tanda WANITA.
Dari sinilah maka ada pemahaman, bahwa Kanjeng Nabi ADAM AS, adalah
bukan manusia yang pertama, manusia pertama itu BERJENIS PEREMPUAN.

lalu, yang kemudian diciptakan oleh Alloh, manusia kedua, berjenis
LAKI-LAKI.
Guru saya menjelaskan begini, di QS An-Nisa ayat 1, ada kalimat
...WAKHOLAQO MINHAA ZAUJAHAA.. diartikan: Dan dia (Alloh) menciptakan
dari padanya (manusia pertama berjenis wanita) suaminya.

Pada QS Al A'rof ayat 189, ada juga kalimat..WAJA'ALA MINHAA ZAUJAHAA,
yang artinya: Dan DIA (Alloh) menjadikan dari padanya (manusia pertama
wanita) suaminya.

Di QS Az-Zummar ayat 6 juga begitu: ...TSUMMA WAJA'ALA MINHAA
ZAUJAHAA. yang artinya: Kemudian DIA (Alloh) menjadikan dari padanya
(manusia pertama wanita) suaminya.

Kenapa ditafsirkan Manusia kedua itu LAKI-LAKI ? karena Alloh
menggunakan kata MINHAA ZAUJAHAA ini adalah dhomir untuk WANITA, jadi
bukan ISTRINYA WANITA, tapi SUAMINYA WANITA.

Kalau manusia pertama Laki-laki, kalimatnya semestinya bukan Wakholaqo
Minhaa Zaujahaa, tetapi harusnya WAKHOLAQO MINHU ZAUJAHU.
Sebab HU itu dhomirnya LAKI_LAKI, kalau HAA dhomir WANITA.
(Mohon masukan yaa dari para AHLI Bahasa ARAB yang ada dimilis ini,
nuhunn......)
 Nah, jika pemahamannya adalah demikian, mungkin akan bisa memperjelas
pemahaman-pemahaman tentang hal lainnya.

Ini pemahaman yang menurut AL QUR'AN, dan saat ini saya ikut memahami
begitu setelah dijelaskan guru saya,untuk pandangan yang lain yang
selama ini saya terima disekolah, adalah dari BIBLE, faa insya Alloh
saya ingin berusaha  istiqomah untuk berpandangan hidup menurut Al
Qur'an, mohon do'anya yaaa....

Apakah mungkin ini yang disentil Kang RAyina tentang salah satu Faham
yang Keliru Yang sudah umum di masyarakat Islam ? kumaha kang Rayina ?

Demikian sedikit urun dari saya, maaf jika berbeda pemahaman, guru
saya dan kami hanya ingin mengikuti kata Alloh dalam Al Qur'an secara
hati-hati .
Subhaanakallohuma Wabihamdika Asyhaduanlaailahaillaa anta Astaghfiruka
wa'atubuilayka.

Wasalamualaykum warohmatullohi wabarokatuhu,

dodi indra
yangdhoifdanbarubelajarhidup
========================
Bismillahirrohmaanirrohiim
Cinta Tanah Air Bagian Dari Iman
(Akhirot Tanah Air Haqiqi)
10
____________________________

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, "kang nceps" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Kang rayina dan kang ari,,,
> saya sebetulnya memiliki beberapa pemahaman dalam persepsi tentang
> ayat ini,
> 1.misalnya kalau dikatakan sebuah pohon di sorga maka ketika buahnya
> saja terlarang mengakibatkan kekufuran maka jelas bahwa pohon
> pastilah memiliki cabang,ranting ,daun , dan akar dll,,,jadi apakah
> mungkin bahwa pohon yang dimaksud tersebut adalah pohon yang
> mengakibatkan terseretnya Kanjeng nabi adam kedalam Amarah gusti
> Alloh, dan kalau dilihat lagi dari cerita tersebut ternyata
> [...]

Yahoo! Groups gets a make over. See the new email design.
http://us.click.yahoo.com/XISQkA/lOaOAA/yQLSAA/wDNolB/TM