Subhanalloh, Alhamdulillah, Astaghfirullohal'adziim,
Nggak apa-apa kok Mas Ridwan,semoga Alloh merohmati mas Ridwan dan
kita semua....Jikapun Alloh telah mencipta manusia sebelum nabi Adam,
apa nggak boleh ? Apa pemberitahuan dari Alloh yang akan menciptakan
nabi Adam dari thiin menggugurkan hal itu ?
Itulah, betapa luasnya kandungan Al Qur'an untuk kita fahami...

banyak hal-hal yang hanya Alloh sendiri yang tahu, dan kita belum
diberi tahu ilmuNYA saat ini, siapa tahu, manusia mendatang akan Alloh
fahamkan ...wallohu'alambishowab...
Subhaanakallohuma Wabihamdika Asyhaduanlaailahaillaa anta Astaghfiruka
wa'atubuilayka.

Wasalamualaykum warohmatullohi wabarokatuhu,

dodi indra
yangdhoifdanbarubelajarhidup
========================
Bismillahirrohmaanirrohiim
Cinta Tanah Air Bagian Dari Iman
(Akhirot Tanah Air Haqiqi)
10
____________________________

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, "Ridwan" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mas Dodi,
> kalau saya memahaminya dengan membaca QS.2 ayat 30 hingga ayat 34,
yang mana ayat 34 terjemahnya adalah :

> Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah
kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan
takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. (QS.2:34)

> lalu perhatikan QS.Shood (38) ayat 71-78
>
> [38.71] (Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat:
"Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah".
> [38.72] Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan
kepadanya roh (ciptaan) Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan
bersujud kepadanya".
> [38.73] Lalu seluruh malaikat itu bersujud semuanya.
> [38.74] kecuali iblis; dia menyombongkan diri dan adalah dia
termasuk orang-orang yang kafir.
> [38.75] Allah berfirman: "Hai iblis, apakah yang menghalangi kamu
sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah
kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang
yang (lebih) tinggi?".
> [38.76] Iblis berkata: "Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau
ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah".
> [38.77] Allah berfirman: "Maka keluarlah kamu dari surga;
sesungguhnya kamu adalah orang yang terkutuk,
> [38.78] sesungguhnya kutukan-Ku tetap atasmu sampai hari pembalasan".
>
> pemahaman saya adalah dari ayat-ayat diatas :
> 1. Nabi Adam adalah manusia pertama yang langsung diciptakan Allah SWT
> 2. Kholifah di bumi adalah dalam pengertian pengelola dan penguasa
bumi, bukan sebagai pengganti
> 3. pertanyaan malaikat bahwa manusia akan membuat kerusakan dan
pertumpahan darah merupakan perkara yang ghoib, hanya Allah SWT dan
Rosul_NYA yang mengetahui, namun saya berpaham bahwa itu adalah
prediksi (prasangka) malaikat saja hingga Allah SWT berfirman :
"Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."
> 4. Mengapa Nabi Adam (alaihi salam) dan istrinya terusir dari surga,
maka saya berpaham bahwa itu merupakan pemenuhan janji Allah SWT atas
ayat tsb diatas bahwa manusia adalah kholifah (penguasa) bumi bukannya
di surga.

> Allah SWT dan Rosul-NYA lebih mengetahui.
>
> salam
> ridwan

Check out the new improvements in Yahoo! Groups email.
http://us.click.yahoo.com/6pRQfA/fOaOAA/yQLSAA/wDNolB/TM

Ilmu merupakan harta abstrak titipan Allah Subhanahu wata'ala kepada seluruh
manusia yang akan bertambah bila terus diamalkan, salah satu pengamalannya
adalah dengan membagi-bagikan ilmu itu kepada yang membutuhkan.
Janganlah sombong dengan ilmu yang sedikit, karena jika Allah Subhanahu
wata'ala berkehendak ilmu itu akan sirna dalam sekejap, beritahulah orang yang
tidak tahu, tunjukilah orang yang minta petunjuk, amalkanlah ilmu itu sebatas
yang engkau mampu.