Ass.Wr.Wb.
Saudaraku semua, mohon ijin ikut urun rembug,
Soal tafsir Al Falaq, khususnya tentang sihir, dan apakah nabi SAW
terkena sihir atau tidak, ini para ulama punya pendapat yang berbeda.

Seperti yang ditulis kang Ramdan, dari Tafsir Al Azhar, oleh Buya
Hamka, disitu dijelaskan hal ini.
Yang berpendapat tentang hadits nabi SAW kena sihir, ditafsiri nahwa
yang terkena adalah berpengaruh pada badan - jasmani nabi SAW saja,
sedang ruhani beliau tidak terpengaruh, hal ini karena Alloh sudah
menjamin bahwa Nabi SAW dan para Nabi adalah maksum.
Jaminan Alloh ini apa akan kita ingkari ? rasanya kok harus kita Imani..

Jika membaca kisah Musa di Ath-Thohaa ini, akan lebih komplit jika
diteruskan dari ayat 66 hingga ayat 70.

Kalau ditelaah dari Tafsir Jalalain, maka yang terjadi ketakutan nabi
Musa adalah bukan takut karena kena sihir, namun beliau takut bahwa
umatnya nanti tidak bisa membedakan mana yang sihir dan mana yang
mukjijat dari Alloh.

Demikian juga , jika menelaah Al Furqoon , sebaiknya tidak hanya ayat
7-8 saja, tapi dilengkapi mulai ayat 6 - 10, maka akan terlihat
konteksnya.

Diayat ini, kalimat Nabi kena Sihir , adalah kalimat orang kafir yang
mengolok Nabi SAW.
Jika dibaca sampai ayat 10, akan jelas jawaban Alloh akan olokan kaum
kafir itu sebagai pembelaan terhadap UtusanNYA , yang wajib kita imani.

Demikian para saudaraku, sedikit urun rembug saya, semoga ada
manfaatnya, khususnya bagi saya sendiri. Jika salah mohon dimaafkan,
semoga Alloh akan membetulkan pemahaman saya, hanya Alloh yang maha
Benar Ilmunya.
Subhaanakallohuma Wabihamdika Asyhaduanlaailahaillaa anta Astaghfiruka
wa'atubuilayka.

Wasalamualaykum warohmatullohi wabarokatuhu,

dodi indra
yangdhoifdanbarubelajarhidup
========================
Bismillahirrohmaanirrohiim
Cinta Tanah Air Bagian Dari Iman
(Akhirot Tanah Air Haqiqi)
10
____________________________

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pak Ramda, yth
> jangan salah faham, saya suka dengan anda yang semangat ngirim
tulusan dimilis ini, namun tetaplah kita berupaya memiliki ilmu baru
berkata.
> Tujuan saya bukan untuk berdebat, namun meluruskan, kalau saya
keliru mohon diluruskan juga..saya sendiri jika ditanya org2 saya
terkadang senyum2 aja.dan saya diamkan, sementara perkara tersebut
jelas-jelas menyelisihi tapi 'mereka' ngotot dengan
pendiriannya..tidak disandarkan pada nash, dan kalaupun ada sangat
lemat selemah sarang laba-laba.

> Semangat pak :)
> Semoga Allah ta'ala membaguskan ilmu pak ramdan.
>
> BarokAllahu fiyk.
> Abu Yahya Adz-Dzahabi

Something is new at Yahoo! Groups.  Check out the enhanced email design.
http://us.click.yahoo.com/SISQkA/gOaOAA/yQLSAA/wDNolB/TM