Alhamdulilah,
Benar ana masih mempercayai hadits kecuali yang tidak ada kaitannya dengan
al-Qur'an bukan berarti saya mengatakan tidak shahih, hanya kemungkinan tidak
bisa dijadikan dalil, kenapa? Satu hadits yang telah membuat manusia tercerai
berai adalah "Hanya ahlus sunnah wal jamaah yang akan masuk surga" Dengan
hadits inilah akhirnya manusia hidup bergolongan-golongan merasa bahwa mereka
adalah ahlus sunnah, (maaf bukan berarti saya menjatuhkan siapapun) kenapa
sudah banyak dari mereka yang saya ajak berdiskusi mereka sering mengatakan
hadist itu, akhirnya para pengikutnya semakin yakin dengan apa yang disampaikan
para pemimpinnya. Olehnya itu saya takut ikut siapapun. makanya saya selalu
mencari pembenaran kedua ayat dibawah. Bayangkan kalau saja semua golongan mau
bersatu bukan saling mengatas namakan golongan tapi mengucapkan kalimatillah
"Laa Ilaaha Illallah". Karena kalimat inilah yang diperjuangkan Rasulullah
dengan menyatukan kabilah-kabilah di Arab.

Masalah akhlak mungkin jadi pertanyaan juga, jika memang akhlak beliau itu
sangat terpuji sebelum menjadi khalifah, tapi kenapa beliau tidak pernah
diangkat sebagai seorang penguasa di Mekkah pada waktu itu, justru didominasi
oleh Abu Jahal cs, Padahal beliau adalah pemimpin salah satu partai Bani hasyim
di darun nadwah (tempat membuat undang-undang). Jadi pertanyaan juga,
Rasulullah juga dikatakan dahulunya adalah orang yang dholan. QS.2/198.

Perlu pembahasan yang sangat panjang untuk mengetahuinya. Dan mencari kebenaran
sejarah yang ada. Muhammad dari kata hamada artinya terpuji jadi Muhammad
adalah Orang yang terpuji. Jadi betentangan dengan ayat pada QS.2/198.

Jadi perbuatan terpuji Muhammad itu tatkala beliau sudah mendhohirkan islam
sebagai satu-satunya hukum disebahagian Jazirah Arab sehingga
berbondong-bondonglah manusia masuk hukum islam.QS.110, karena sudah merupakan
janji Allah jika ada yang mampu memperjuangkan hukumNya pasti Allah akan
menolongnya dan meneguhkan kedudukannya.QS.47/7.  akhirnya Manusia tidak mau
mentaati pemimpin yang berakhlak preman.QS.26/151. Saat itulah Muhammad menjadi
seorang khalifah dimuka bumi.

Masalah susunan hukum islam, maaf ana bukan ahlinya, karena ada yang lebih
dipuja dan dipuji, Tanyakanlah kepada ulama-ulama yang pewaris nabi untuk lebih
mendetail, sedikit saja penjelasan ana. Yang pasti al-Qur'an adalah hukum dalam
berkehidupan sehingga manusia bisa menjadi mizan dalam segala hal. Contoh,
Untuk mengolah sumber daya alam saja bukan semau-maunya harus berdasarkan
al-Qur'an. Kenapa demikian? karena al-Qur'an sebagai peringatan alam semesta.
Mereka juga adalah makhluk Allah, untuk mengolah misal, tambang batubara harus
berdasarkan al-Qur'an.

Lihatlah apa yang terjadi di Bumi Allah, Bencana tiada henti-hentinya karena
alam sudah tidak bersahabat dengan manusia yang yang telah memperbuat bukan
berdasarkan al-Qur'an.QS.7/96. QS.21/105. Padahal Alam adalah makhluk Allah
yang sudah aslama (islam) kepada hukum Allah seharusnya itu adalah contoh buat
manusia sebagaimana mereka sudah aslama. QS.3/83. Hanya saja tidak ada satupun
manusia yang mau mengambil sebagai pelajaran.

Itulah kenapa Muhammad bisa merealisasikan dan menvisualisasikan al-Qur'an itu
kepada seluruh ummat manusia. berarti disini Muhammad bukan menyempurnakan
ajaran islam hanya memperbaiki aqidah manusia yang sudah terlanjur rusak dalam
berkehidupan, kemaksiatan, kemungkaran dimana-mana. Kalau kita ambli garis
lurus tidak ada bedanya dengan jaman sekarang pada jaman jahiliyah (jaman yang
tidak faham apa itu isi kitab dan apa itu iman), karena akhlaknya manusia itu
thogho (melampui batas) maka alam melaknat dunia ini. QS.2/159.

Jadi kesimpulan dari penjelasan saya diatas al-Qur'an itu bukanlah saja sebagai
hukum untuk menghukum manusia tapi juga hukum dalam berkehidupan sehingga
menjadi makhluk yang saling merahmati bukan saja kepada manusia tapi juga
kepada alam. itulah makna dari "rahmatan lil alamin"

Salam...