subhanalloh
alhamdulillah
astagfirulloh...

kang Wandy,
niat dalam hati yang berbarengan dengan Takbirotul Ikhrom ketika shalat memang itu yang sudah lama saya lakukan setelah saya mendapatkan pemahaman dari para Guru ngaji saya. alhamdulillah kita sepakat dalam hal ini.
Cuma pernah ada yang bilang kepada saya:
jika pada waktu Takbirotul Ilhrom dengan lisan mengucap "ALLOH HU AKBAR..", dan hati mengucap niat sholat, maka ucapan lisan dan bacaan hati tidak sama..?
apakah dengan begitu sholatnya tetap sah..?

Mas Naufal,
niat seperti itu yang kontinyu selama perbuatan yang kita niatkan berlangsung sebenarnya adalah penjagaan atas niat awal agar tidak berubah.
karena memang niat bisa berubah-ubah secara drastis.
contohnya ketika salah seorang Sahabat Nabi mau memenggal leher musuhnya dalam suatu perang, tiba-tiba sang musuh ini meludah ke wajah sang Sahabat Nabi.
Apa yang terjadi?
sang Sahabat Nabi tidak jadi memenggal leher sang musuh.
tentu saja sang musuh merasa heran dan bertanya kenapa dia tidak jadi dipenggal?
apa jawaban sang Sahabat?
Beliau berkata bahwa ketika wajahnya diludahi sang musuh, saat itu pula timbul amarah dan dendam kepada sang musuh.
Dia urungkan memenggal, karena takut dalam memengal sang musuh tidak lagi atas dasar LILLAHI TA'ALA sesuai dengan niat semula ketika berangkat perang, melainkan karena dasar amarah dan dendam.

ng... ada satu pertanyaan; apa beda Niat dengan I'tikod?

salam
:-)