From: kang nceps
Sent: Friday, October 06, 2006 12:49 PM
Subject: [keluarga-islam] Re: Tradisi hari H--Ketupat

betul kang,,,,
jiganamah si kang ade tidak jadi pulang, lebih memilih lebaran di
tanah negeri jauh, sudah tidak peduli sama si emma dan si bapa,
komo ka dulur dan tetangga,

ngomongin ketupat teh,,,
sebetulnya filosofinya bisa bermacam-macam tapi pada intinya sama
ini sebuah perlambang, dimana indonesia adalah negara yang dalam
akan mencari makna, sehingga kalau dihubungkan antara ketupat maka
biasanya identik dengan lebaran, dan lebaran identik dengan saling
memaafkan dan saling memaafkan maka tidak sempurna bila tidak datang
dari hati yang putih,
coba dipikir geura ketupat itu luarnya kan umumnya terbungkus oleh
daun anyaman yang saling membelit, dan begitu dibedah maka akan
tampak nasi yang berwarna putih,bersih,segar

ketupat di bahasa sunda /jawa mungkin lebih identik dengan "abdi
lepat" (saya salah), jadi dasarnya yang kita lakukan di perayaan
umat islam di indonesia ini memang sepertinya sudah direncanakan
maknanya ,bukan sekedar hura-hura apalagi yang hobi bilang Bid'ah
pasti semangat karena tidak ada asal - usulnya dari negeri arab,

ketupat perlambang hati yang kotor dibelit berbagai persinggungan di
dalam alam kehidupan untuk saling membedah dan mengeluarkan hati
yang bersih,,,,

duuuh,,,,ternyata islam itu begitu indah dan bermakna,bukan cuma
hasil percetakan

wassalam
KnC

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, Ramdan <ramdan.ramdan@...>
wrote:

> Kang Nceps,
> geus pasti ayeu na mah... si akang Ade moal balik mudik lebaran
engke...!
> da opak jeung ranginang na geus di kirim ku Ema na ka ditu...
>
> Kang Ade,
> sudah berapa lama ga makan kupat asli buatan si Ema?
>
> lha, soal filosofi KETUPAT yang diinginkan mas Ananto belum ada
yang ngirim
> nih...
> apa takut di sebut bid'ah.. ?!
> he-he-he...
>
> yang saya inget, ketupat itu ada hubungannya dengan maaf-
memaafkan, cuma
> lengkapnya sedang saya cari...
>
> salam...
> :-)

Indonesiaku...

[EMAIL PROTECTED]com>

jadi kaga

maupun yang

nunggu ramadhan

kuring.... :)

Ilmu merupakan harta abstrak titipan Allah Subhanahu wata'ala kepada seluruh manusia yang akan bertambah bila terus diamalkan, salah satu pengamalannya adalah dengan membagi-bagikan ilmu itu kepada yang membutuhkan.
Janganlah sombong dengan ilmu yang sedikit, karena jika Allah Subhanahu wata'ala berkehendak ilmu itu akan sirna dalam sekejap, beritahulah orang yang tidak tahu, tunjukilah orang yang minta petunjuk, amalkanlah ilmu itu sebatas yang engkau mampu.

Single family home Family home finance Family home mortgage
Family home business Dan

Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured

Kirim email ke