saya rasa "kadar" nya berbeda...
memvonis sesat (haramnya) suatu benda dibandingkan dengan memvonis sesat (haramnya) suatu akidah seseorang... :))

On 10/18/06, wandysulastra <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Masalah sesat menyesatkan bukanlah wewenang dan kapasitas kita
orang2 awam.

Tapi bagi ulama2 yang mempunyai kapasitas ilmu yang cukup bisa saja
menjatuhi vonis seseorang itu sesat atau tidak sepertihalnya mereka
memutuskan suatu hal haram atau tidak. Contohnya seperti Fatwa ulama
yang menyatakan kuis SMS adalah haram, Lia Eden, Ahmadiyah, dan JIL
yang dianggap sesat, dan sejenisnya..

Yang menjadi dasar keputusan mereka bukan rukun Islam, tetapi
meliputi seluruh sumber hukum yang ada yaitu Alquran, sunnah dan
Ijma'. Jika ada hal2 yang secara prinsip jelas2 bertentangan dengan
apa yang ada dalam sumber2 hukum tersebut, tentunya para ulama
berkewajiban untuk menyampaikan pelanggaran/kesesatan tersebut
kepada ummat.

Sedangkan kita sebagai orang awam hanyalah sekedar menginformasikan
kembali apa2 yang sudah diperingatkan dan disampaikan Ulama, dengan
memperhatikan dan mempelajari hal2 yang menjadi alasannya.

Salam
WnS

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, Ananto <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> hmmm...
>
> saya rasa kita sepakat dengan rukun islam... sebagai sumber ber-
islam kita,
> yg ada 5 item itu...
>
> kemudian, pertanyaannya adalah: yang selama ini sampeyan tuduh
sesat itu
> keluar dari jalur itu atau tidak?
>
> salam,
> ananto

Saya

(perbedaan)
berijtihad

mengatakan
Dengan

Subhanahu
beritahulah orang
amalkanlah ilmu itu

<*> Your email settings:
   Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
   (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
   mailto:[EMAIL PROTECTED]
   mailto: [EMAIL PROTECTED]

Single family home Family home finance Family home mortgage
Family home business Dan

Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured

Kirim email ke