sawan adalah penyakit.
pesta mantenan jelas berkumpul segala macam orang, yang potensial
menularkan penyakit kepada bayi merah yang mungkin masih lemah, dan
kalau sakit bisa fatal. suasana mungkin ramai dan sumpek,bikin bayi
rewel dan ganggu acara.  lagian apa urusannya bayi merah datang ke
mantenan?  mestinya yang kondangan bapaknya saja,ibunya ngurus dan
jaga bayi dirumah (ntar di-gondol macan).  kalau bapak ibu kondangan,
(jaman dulu) neteknya ke siapa?

lagian kalau mantenan jaman dulu kan pake sesaji(sajen), jadi yang
datang nggak cuma orang,tapi bangsanya levi's juga,dikuatirkan mereka
mengganggu bayi yang masih peka,jadi rewel.

Nah, kalau mantenan di masjid, orang nifas kan gak bole masuk ya?

wek, demikianlah analisisnya.  Silakan yang punya dalil bicara.

IS

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, "Kartika, Bambang"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamu'alaikum Wr.wb
>
>         Ini ada contoh lagi
>
> 1. Kalau makan jangan di depan pintu ora ilok / pamali
> 2. Sudah petang ayo masuk  jangan diluar ada sandekala / sandengkolo
>
> Maksud dari No.1 adalah karena kalau ada yang lewat nanti tersenggol
jatuh dan tumpah karena makanan tinggal satu-satunya / sedikit dan
tidak ada yang lain.
> Maksud dari No.2 adalah mendidik anak agar masuk kerumah karena
sebentar lagi waktu magrib tiba ditujukan agar melaksanakan sholat
magrib berjamaah sekeluarga.