Ass.Wr.Wb.
Saudaraku yang dirohmati Alloh SWT, saya hanya mau menambahkan aja
yang disampaikan Om PM , juga untuk Kang Ramdan.

Alhamdulillahirrobil'alamiin, ada yang memasukkan sebagai ayat pertama
dari S. Al Fatihah, ini ada pada hadits Qudsi, mohon dicari sendiri ya
haditsnya...he-he-he....
namun, ada juga yang memasukkan sebagai ayat ke 2, ayat pertamanya
adalah Bismillahirrohmanirrohiim.
Makanya, ketika Imam Sholat Maghrib, Isya dan Shubuh, ada yang bacaan
bismillahnya di dhohirkan , ada pula yang tidak dibaca. Silahkan
dirujuk pada madzhab-2 fiqih yang ada, disitu akan ada penjelasannya.

Om PM yang baik, kenapa kok saya sebut manusia ? he-he-he...
Bukankah tujuan Om adalah menyadarkan kita-kita tentang Alhamdulillah
? Bismillah ? lha kita-kita ini khan manusia, he-he-he...
jadi, maksud saya, hal-hal itu (Agama dengan kelengkapannya) hanya
berguna memang khusus buat manusia (termasuk Jin kali ya..), bukan
hewan, tumbuhan dan bebatuan....
Manusia Bismillah, adalah manusia yang mengamalkan dan menghayati
bismillah dalam praktek kehidupannya setiap waktu...inilah manusia
yang beruntung.
Manusia Alhamdulillah, adalah manusia yang mengamalkan dan menghayati
alhamdulillah dalam kehidupannya setiap waktu.....inilah manusia yang
beruntung juga.

Menambahkan uraian Om PM, mengapa Alhamdulillah didahulukan ?

Begini ....eh, maafin ya, bukan ngedongeng lho ini....

1. Penciptaan langit dan bumi di awali dengan Alhamdu :
Alhamdulillahil ladzii kholaqos samaawaati wal ardli ( QS Al An'am
ayat 1 )

2. Alloh menurunkan kitabNYA juga dengan awalan Alhamdu :
Alhamdulillahil ladzii anzalal kitaaba 'ala'abdihi ( QS Kahfi ayat 1)

3. Aktifitas hidup dimulai dengan Alhamdulillahirrobil'alamiin.
Ini adalah bacaan awal do'a ketika bangun tidur yang diajarkan oleh
Rosululloh SAW.
Tidur itu adalah mati, Rosululloh SAW bersabda : An naumu akhul maut =
tidur itu saudaranya mati ", jadi ketika bangun, mulai hidup, diawali
do'a Alhamdulillahirrobil'alamiin.

4.Alhamdulillahi Robbil'alamiin itu Ibadah paling awal.
Ketika Alloh SWT menciptakan Nabiyyulloh Adam AS, ruh mau masuk
kedalam jasadnya berputar mengenai hidung nabi Adam AS, beliau
langsung bersin. Barulah beliau mengucap ALHAMDULILLAH. Kemudian
ucapan ini menjadi sunnah. nilah ibadah paling awal.

5.Alhamdulillahi Robbil'alamiin adalah kunci surga.
QS Az-Zumar ayat 73 - 74 menerangkan hal itu :

073. Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya dibawa ke dalam
surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke
surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada
mereka penjaga-penjaganya: "Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu,
berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di
dalamnya".
074. Dan mereka mengucapkan: "Segala puji bagi Allah (ALHAMDULILLAH)
yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah (memberi) kepada
kami tempat ini sedang kami (diperkenankan) menempati tempat dalam
surga di mana saja yang kami kehendaki." Maka surga itulah sebaik-baik
balasan bagi orang-orang yang beramal.

Bagi yang suka otak-atik dalam menafakuri ayat-ayat Alloh SWT, tentu
ingat hadits :" Pintunya surga ada 8, dan pintunya neraka ada 7 "

Nah, coba diotak-atik, 8 itu apa ?
Otak-atik pertama, soal huruf : ALHAMDU = 5, LILLAH = 3 (huruf arabnya
oeeyyy....), jadi dengan Alhamdulillah bisa masuk surga.

Pada diri manusia ada 8 pintu itu, 7 pintu harus ditutup, karena itu
pintu neraka jadinya jika dibuka sembarangan akan masuk neraka.
7 pintu itu adalah :
- Telinga kiri dan kanan = 2 pintu
- Mata kiri dan kanan    = 2 pintu
- Lubang hidung          = 2 pintu
- Lesan / mulut          = 1 pintu , jadi jumlahnya 7 pintu, ini harus
dijaga jangan sembarangan dibuka agar tidak masuk neraka.

Agar masyuk surga, maka ada satu pintu lagi yang harus dibuka, pintu
itu kebanyakan masih terkunci, jadi harus dibuka .
Manakah pintu tadi ???? Al Qur'an menunjukkan pada kita :

QS Muhammad ayat 24 : " Maka apakah kalian tidak memperhatikan Al
Qur'an ? ataukah hati mereka terkunci? "

HATI, itulah pintu ke 8(delapan) yang harus dibuka agar masuk surga.
Lha karena pintu HATI ini masih terkunci, haruslah diambil dulu
kuncinya, inipun sudah diterangkan oleh Alloh dalam firmanNYA :

QS Al A'rof ayat 43 : " Dan Kami cabut segala macam dendam yang berada
di dalam HATI mereka; mengalir di bawah mereka sungai-sungai dan
mereka berkata: " ALHADULILLAH (Segala puji bagi Allah) yang telah
menunjuki kami kepada (surga) ini. Dan kami sekali-kali tidak akan
mendapat petunjuk kalau Allah tidak memberi kami petunjuk.
Sesungguhnya telah datang rasul-rasul Tuhan kami, membawa kebenaran".
Dan diserukan kepada mereka: "Itulah surga yang diwariskan kepadamu,
disebabkan apa yang dahulu kamu kerjakan."

Demikianlah saudaraku yang dirohmati Alloh ta'ala, tambahan dari saya
yang sarikan dari pengajian guru saya.
Kalau ingin masuk surga, maka kuncinya ya harus menghayati dan
mengamalkan ALHAMDULILLAH, jadilah manusia Alhamdulillah...manusia
yang bersyukur....

Kalau kita menjadi manusia alhamdulillah ,didunia ini kita sudah
menemukan SURGA, gak perlu nunggu hingga meninggal, kita sudah bisa
merasakan surga itu ketika di dunia ini.

Manusia Alhamdulillah, akan selalu merasakan kenikmatan yang
dikaruniakan Alloh SWT, dan ketika nanti diakhirat menemukan Surga
beneran  seperti yang dijanjikan Alloh, faa insya Alloh tidak kaget
lagi, inilah seperti yang difirmankan Alloh pada kita , QS Al Baqoroh
ayat 25 :

" Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan
berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir
sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan
dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: "Inilah yang pernah
diberikan kepada kami dahulu." Mereka diberi buah-buahan yang serupa
dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka
kekal di dalamnya ".

Nah, kalau didunia saja kita belum merasakan SURGA , apalagi nanti
diakhirat, ini akan terwujud firman Alloh SWT ini : " man kaana fii
haadzihil a'maa wahuwa fil aakhiroti a'maa " , arti bebasnya :"
Didunia tidak tahu, diakhirot kelak tambah tidak tahu "

Saudaraku, semoga Alloh SWT menolong kita untuk menjadi manusia
Alhamdulillah, agar kita tidak perlu menunggu Surga yang diakhirot
untuk menikmatinya, mulai di dunia sudah kita rasakan nikmat SURGA
itu, dengan mengamalkan dan menghayati ALHAMDULILLAH dalam keseharian
kita, insya Alloh, amiin.

Mohon maaf sekali lagi yaa.....kepanjangan yaa ?? maafiiiiiiinnn....

wassalam,
dodi

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, Peronda <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ya semoga begitu. Amiin.
>
> Untuk lanjutannya, maksudnya bagaimana, Pak?
> Kenapa setelah pintu ini jadi ke manusia?
> Silahkan Pak Dodi dulu.
>
> wassalam.
> PM.

Kirim email ke