yg jelas bukan pendapat sendiri
dan yg lebih afdhal ya pendapat orang2 terdahulu yg deket ke masa Rasul
bukan pendapat ulama karbitan dan ustadz prematur atuh
yg gak pernah merujuk ke referensi awal

coba deh tanya pakar hukum positif sekalipun
bahwa hukum diciptakan bukan untuk menyesuaikan dengan keinginan masyarakat
tapi harus mampu mengendalikan masyarakat ke arah yg lebih baik
jadi klo ada pendapat yg menyatakan bahwa tafsir harus disesuaikan dengan
masa kini
itu jelas2 menyalahi logika pakar hukum positif sekalipun

oke, saya ambil contoh masalah hadist ttg lalat
jaman dulu kemajuan iptek blom secanggih skrg, tapi mereka taat dan percaya
sama Rasul
dan dalam hadist tsb dijelaskan bahwa klo air kemasukan lalat, maka
celupkanlah semuanya
dan saat ini terbukti klo diantara dua sayap lalat, di sayap satu adalah
racun dan sayap lainnya adalah penawarnya

nah, klo mau pake logika2an atau pake akal2an sendiri
apakah ummat waktu itu akan beriman thd hadist ini???
so, masihkan harus menyesuaikan dengan keinginan orang banyak??
ataukah pada hakekatnya kita yg harus menyesuaikan dengan keinginan Sang
Khalik??