Kalau kita perhatikan dari hadits selanjutnya yang menceritakan
malaikat Jibril tidak mau masuk ke rumah Nabi karena ada gambar
mahluk bernyawa kecuali gambar tersebut diputuskan kepalanya atau
dipotong kemudian dijadikan sandaran bantal atau tikar, maka gambar
yang diperbolehkan adalah gambar yang tidak menyerupai gambar yang
biasa di-agung2kan.

Gambar yang diagungkan biasanya berupa gambar yang tertempel di
dinding. Tetapi jika gambar tersebut "dihinakan" dengan dipotong
kepalanya, atau gambar tersebut dibuat tikar atau alas yang di-
injak2, atau dibuat bantal, atau dibuat sandaran, maka unsur
pengagungannya dianggap sudah hilang bahkan berubah menjadi unsur
yang dihinakan. Dan saya pikir gambar untuk identitas dan sejenisnya
juga tidak memiliki unsur pengagungan karena disimpan di dompet,
apalagi buat laki2 biasanya di simpan di belakang pantat... :)
Kemudian juga gambar yang ada di surat atau kartu identitas bukanlah
menjadi obyek utama, melainkan berfungsi hanya sebagai pelengkap
atau penguat dari keterangan2 yang ada di surat atau kartu tersebut.
Berbeda dengan gambar yang biasa dipajang, karena gambarnya itu
sendiri menjadi obyek utamanya.

Salam :)

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, Ramdan <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Kang,
> kenapa diperbolehkan?
> apa karena dulu ga ada gambar untuk identitas, ato untuk buku
nikah, ato
> ijasah..?
>
> ng.. apa mungkin "patung dan gambar" itu hanya tambahan saja dari
hadits
> aslinya tentang "anjing di rumah" ya...?
>

> salam
> :-)

Insya

40yahoogroups.com>,