*Minta Tolong didoakan Orang Sholeh*

*Pertanyaan:*

Saya ingin bertanya apakah kita boleh meminta tolong orang lain untuk
menyampaikan maksud kita kepada Allah? Menurut pemahaman saya kenapa kita
tidak berdo'a langsung kepada Allah? kenapa harus melalui perantara?

Hal ini saya tanyakan karena ada salah seorang rekan kami mempunyai
pendapat  bahwa kita bisa minta tolong orang lain (yang menurut mereka
mempunyai kelebihan didalam berdo'a) sehingga mereka berkeyakinan bahwa
do'anya orang  tersebut lebih "didengar" oleh Allah daripada do'a yang
disampaikan oleh kita sendiri.

Benarkah pendapat ini dan adakah dalilnya? Terimakasih.

Wassalam

*Robiyati
Jakarta*

*Jawaban:*

Yth. Sdri Robiyati

Assalamu'alaikum wr. wb.
Ada kisah menarik berkaitan dengan pertanyaan Saudari. Suatu hari Umar r.a.
kedatangan rombongan dari Yaman, lalu ia bertanya : "Adakah di antara kalian
yang datang dari suku Qarn?". Lalu seorang maju ke dapan menghadap Umar.
Orang tersebut saling bertatap pandang sejenak dengan Umar. Umar pun
memperhatikannya dengan penuh selidik.
"Siapa namamu?" tanya Umar.
"Aku Uwais", jawabnya datar.
"Apakah engkau hanya mempunyai seorang Ibu yang masih hidup?, tanya Umar
lagi.
"Benar, Amirul Mu'minin", jawab Uwais tegas.

Umar masih penasaran lalu bertanya kembali "Apakah engkau mempunyai bercak
putih sebesar uang dirham?" (maksudnya penyakit kulit berwarna putih seperti
panu tapi tidak hilang).
"Benar, Amirul Mu'minin, dulu aku terkena penyakit kulit "belang", lalu aku
berdo'a kepada Allah agar disembuhkan. Alhamdulillah, Allah memberiku
kesembuhan kecuali sebesar uang dirham di dekat pusarku yang masih tersisa,
itu untuk mengingatkanku kepada Tuhanku".

"Mintakan aku ampunan kepada Allah".
Uwais terperanjat mendengar permintaan Umar tersebut, sambil berkata dengan
penuh keheranan. "Wahai Amirul Mu'minin, engkau justru yang lebih behak
memintakan kami ampunan kepada Allah, bukankah engkau sahabat Nabi?"

Lalu Umar berkata "Aku pernah mendengar Rasulullah s.a.w berkata
"Sesungguhnya sebaik-baik Tabiin adalah seorang bernama Uwais, mempunyai
seorang ibu yang selalu dipatuhinya, pernah sakit belang dan disembuhkan
Allah kecuali sebesar uang dinar di dekat pusarnya, apabila ia bersumpah
pasti dikabulkan Allah. Bila kalian menemuinya mintalah kepadanya agar ia
memintakan ampunan kepada Allah"

Uwais lalu mendoa'kan Umar agar diberi ampunan Allah. Lalu Uwais pun
menghilang dalam kerumunan rombongan dari Yaman yang akan melanjutkan
perjalanan ke Kufah. (H.R. Muslim dan Ahmad)

Mungkin ini cukup dijadikan tauladan bahwa orang setingkat Umar yang
termasuk orang yang mendapat jaminan masuk sorga, diperintahkan oleh
Rasulullah untuk meminta tolong kepada seorang Tabiin bernama Uwais agar
memintakan ampunan kepada Allah. Meminta ampunan adalah bagian dari do'a,
karena do'a tidak lain adalah meminta sesuatu kepada Allah.

Semoga membantu..

Wassalam

*Muhammad Niam*

Kirim email ke