OOooo..terima kasih atas penjelasannya pak wong ma'ruf. Jadi ingin tahu lebih
lanjut..bisa diberikan contohnya sunnah rasul sebelum Rasulullah Muhammad yang
tidak dicontoh/diikuti Rasulullah Muhammad tapi bisa kita contoh?

----- Original Message ----
From: wong ma'ruf <[EMAIL PROTECTED]>
To: keluarga-islam@yahoogroups.com
Sent: Friday, 18 January 2008 3:38:06
Subject: Re: [keluarga-islam] Re: Fw: [assunnah] >>Tanya lebih jauh mengenai
Isbal<<

Agak berlebihan pula menyamakan hadist dengan sunnah,
sebab tidak semua hadist itu meliput sunnah,.

Sunnah juga tidak hanya dibatasi kepada sunnah nabi
Muhammad saja tetapi seluruh perbuatan (sunnah) nabi
sebelum beliau.

Makanya QS. 33/21 tidak secara khas menyebut Muhammad
secagai satu-satunya uswah bagi sunnah rasul, tetapi
laqod kaana lakum fi rasulillahi uswatun hasanah.

Hi nya adalah dlomir Huwa (Allah), jadi rasul Allah
itu bukan cuma Muhammad. Semua Rasul memiliki tugas
sama yaitu "an aqimuddin", "wala tatafarroqu fiih"
IQS.42/13).

Tatkala Muhammad mencontoh Ibrahim, Musa, isa maka
kita harus juga mencontoh Ibrahim, Musa dan Isa. Untuk
mencontoh (menguswah) perlu ilmunya.

--- Fani Dhuha <[EMAIL PROTECTED] com.sg> wrote:

> Saya rasa semua yang disini sepakat, sunnah tidaklah
> sama dengan budaya arab, tapi sunnah adalah tuntunan
> dari hadits Rasulullah. Hanya saja mungkin karena
> keterbatasan ilmu kita dan mengingat Rasulullah
> hidup di negeri arab, kita terkadang tak dapat
> membedakan mana yang sekedar budaya mana yang
> sunnah; menganggap sebuah budaya adalah sunnah, atau
> sebaliknya menganggap sunnah cuma budaya arab.
>
> Sebuah produk budaya tentu tak ada masalah qta mau
> ikut ato tidak, tapi untuk sebuah sunnah..patutkah
> kita meninggalkannya sementara Rasulullah
> [...]
=== message truncated ===

Looking for last minute shopping deals?
Find them fast with Yahoo! Search. http://tools. search.yahoo. com/newsearch/
category. php?category= shopping

Yahoo! Singapore Answers
Real people. Real questions. Real answers. Share what you know at
http://answers.yahoo.com.sg