Ass. Wr. Wb.

  INDAHNYA PENDIDIKAN DI NEGERI KITA

  Banyak pihak yang selalu mempersoalkan masalah pendidikan di negeri tercinta
ini dengan gambaran yang buram, negatif, tidak kreatif, tidak adil dan
sebagainya. Tetapi kenyataannya tidak demikian kok. Dunia pendidikan di negeri
ini sangat indah dan menyenangkan. Buktinya apa? Yuk, kita baca sama-sama
harian Kompas edisi Sabtu 10 Mei 2008 ini:

  ===
  Jakarta, Kompas: Pendidikan berkualitas tidak sekedar melihat kemampuan
berdasarkan nilai kelulusan ujian. Pendidikan berkualitas berorientasi
menghasilkan generasi inovatif yang siap bersaing di dunia global.

  Pendidikan di sekolah justru harus mampu menghargai dan mengembangkan
kemampuan dan perspektif yang beragam dari setiap individu siswa.

  Hal ini diungkapkan Tharman Shanmugaratnam, mantan mentri pendidikan
Singapore, saat berbicara di seminar bertajuk ENLIGHTENING THE LIFE OF THE
NATION yang digelar The Jakarta Post, Jumat 9 Mei 2008. Juga hadir sebagai
pembicara antara lain Kim Shinil, mantan deputi perdana mentri dan mentri
pendidikan Korea Selatan; Dirjen Dikti Depdiknas Fasli Jalal dan James T.
Riyadi (pendiri Yayasan Pelita Harapan).

  ===

  Uuppsss... sampai di sini saya sudah bisa menyimpulkan. Jangan-jangan
saya.... Saya baca lagi tulisan berikutnya, yaitu pendapat Erlin Driyana (wakil
ketua Education Forum)... "Sayangnya, pemerintah kita tidak mau memahami ini."
Tuh.... betul, kan? Ternyata saya salah baca ... atau lebih tepatnya belum
membaca berita secara tuntas..! Ternyata keindahan pendidikan di negeri kita
ini hanya ada di seminar-seminar.

  NB: Selamat menempuh UN bagi siswa-siswi bapak/ibu di milis ini. Semoga
semuanya berjalan lancar dan sukses selalu untuk menapak pada jenjang
pendidikan berikutnya. Saya juga stress menghadapi UN tingkat SD... karena anak
saya adalah angkatan pertama yang kena UN untuk tingkat SD. Doakan ya, semoga
bisa menjawab soal dengan baik dan benar.

  Wass. Wr. Wb.

  Bekti Hermawan
-guru matematika jalanan- di Rumah Akal

Anak kita masih belum dapat menguasai matematika dengan baik?
Mengapa harus belajar matematika? Bagaimana memulainya?
Simak jawabannya di http://www.rumahakal.com