Assalamu'alikum
Kenapa harus ditanya lagi Akhi Taufik, kan udah jelas dan gamblang artikel yang
di posting Gus Ananto. tinggal disimpulkan aja atau di kritisi untuk tausiah.

menurut kesimpulan saya :
1. niat dilafadhkan dalam sholat itu bid'ah (perkara baru) tapi hasanah. karena
mempunyai tujuan yang  baik yaitu menegaskan dan menguatkan niat yang dalam
hati.
2. lafadh niat itu bukan sunah karena nabi tidak pernah melakukannya. kalau
yang dimaksud sunah boleh melaksanakan boleh tidak berarti nabi pernah
menetapkan hukumnya. seperti saum sunnah, sholat sunah dsb. padahal lafadh niat
ini tidak dipratekkan nabi, maupun sahabat yang lain (setahu saya) jadi nabi
tidak mengenalnya.
3. Dalam hal ini seseorang yang peragu niat di dalam hati tidak apa
melakukannya, karena  menghindari salah niat atau tidak beniat tentu lebih baik
dari pada tidak syah sholat karena ketiadaan rukun niat.

jadi pilihlah yang terbaik dan bisa jadi ada perbedaan satu dengan yang lain,
yang penting saling memahami dengan benar, dan jaga ukhuwah dalam naungan Islam.

yang jadi masalah bila tahunya hanya niat pakai lafadh, kalau ngga salah, atau
bukan golongannya atau atau .. dst.

semoga bermanfaat, afwan bila salah

wassalam

exap