hmm..fungsi label halal itu
dimaksudkan agar orang tidak ragu dalam mengkonsumsi
produk tersebut dikarenakan beberapa hal :
1. produk olahan => kontentnya apa saja
                                 misal biskuit kalo salah satu kontent ada
minyak babi..kan gak halal

2. Cara potong atau cara olah => cara syar’I gak..walaupun sapi itu halal tapi
kalo dipotong pake
                              gergaji mesin sampe putus kepalanya toh caranya
salah...
                               jadinya gak halal.

tapi bagus juga kalo ada label haram untuk produk yang tidak halal.
tapi dari segi bisnis spertinya itu tidak akan digunakan, kenapa :
1. karena sudah ada label halal (sudah cukup), jadi orang bisa membedakan
2. masalah haram itu untuk kaum muslim saja..kalo non muslim sah2 saja, dan
juga
    akan menimbulkan “stigma negatif” terhadap produk yang dijual
    (artinya itu produk terlarang tapi kenapa dijual).
    bijaksananya produk tersebut ditulis “mengandung babi...atau mengandung
alkohol”,
    jadi orang bisa membedakan

tapi ada beberapa panganan atau minuman yang tidak perlu dilabeli halal atau
bahkan terlalu
berlebihan misal : sayur, buah, telur ayam (lebay bin alay kalo sampai
dilabelin halal he..he..)
ikan laut/tawar, air mineral ( ini nih yg sedikit bingung saya kenapa harus
dilabeli halal juga..
oh mungkin khawatir airnya diisiin air aki  atau alkohol kali ya?..ha..ha..)

wallahualam bishawab

andrian ajah