Kiai Afif: Belanjalah di Pedagang Kecil daripada Minimarket Waralaba

Selasa, 03/03/2015 00:01

[image: Kiai Afif: Belanjalah di Pedagang Kecil daripada Minimarket
Waralaba]

Jakarta, *NU Online*
Katib Syuriyah PBNU KH Afifuddin Muhajir memandang perlunya keberpihakan
para kiai NU terhadap pedagang kecil. Menurut Kiai Afif, di tengah
menjamurnya minimarket waralaba yang mendesak masuk hingga perkampungan,
para kiai penting mengingatkan masyarakat untuk mengutamakan belanja di
warung-warung kecil.

“Saya melihat bagaimana nasib-nasib pedagang kecil kita. Kita mesti
tergerak untuk membela mereka,” kata Kiai Afif di Jakarta, Sabtu (28/2)
pagi.

Pasalnya, uang yang masuk ke minimarket seperti Indomart, Alfamart, dan
sejenisnya, tidak lagi kembali ke masyarakat tetapi menguap ke luar.

Meskipun begitu, kata Kiai Afif, kita harus mengakui bahwa ketidakberdayaan
pedagang kecil kita tidak semata kesalahan kebijakan negara tetapi juga
kesalahan dari diri kita sendiri.

“Kalau butuh rokok atau air mineral, saya sengaja menghindari toko-toko
minimarket. Saya pilih lari ke warung kecil,” ujar penulis kitab syarah
Taqrib, *Fathul Mujibil Qarib*. (*Alhafiz K*)

Sumber:

http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,44-id,57933-lang,id-c,nasional-t,Kiai+Afif++Belanjalah+di+Pedagang+Kecil+daripada+Minimarket+Waralaba-.phpx

--
http://harian-oftheday.blogspot.com/