Dubes Inggris Harap Pelajarnya Lihat Kelenturan Berislam di Indonesia

Selasa, 22/09/2015 00:04

[image: Dubes Inggris Harap Pelajarnya Lihat Kelenturan Berislam di
Indonesia]

Jakarta, *NU Online*
Duta Besar Inggris untuk Indonesia Muazzam Malik menginginkan para pelajar
dan mahasiswa Eropa khususnya Inggris melihat langsung pola keberagamaan
orang-orang Indonesia menjalankan ajaran agama Islam. Dalam kunjungan kerja
samanya dengan PBNU, Muazzam menyatakan dirinya terpikat dengan pemahaman
dan praktik muslim Indonesia yang sangat toleran dan lentur dalam beragama.

“Menurut saya, masyarakat muslim di Inggris masih terfokus ke Timur Tengah
ketika melihat Islam. Padahal kalau saja mereka mau melirik gerakan Islam
di Indonesia ini, mereka akan tercengang,” kata Muazzam ketika berkunjung
ke Kantor PBNU, Jakarta, Senin (21/9) sore.

Ia sendiri terpana ketika melihat wanita berkerudung mengendarai sendiri
sepeda motor di Yogyakarta. “Jujur saja, saya ini muslim. Tetapi
menyaksikan pemandangan begini di Inggris atau di luar Indonesia, belum
pernah,” kata Muazzam yang agak lancar berbahasa Indonesia.

Melihat pemandangan itu, ia mengambil gambar lalu mengirimkannya via
whathapp kepada anaknya dan beberapa temannya. “Kamu semua harus lihat
bagaimana orang Islam di Indonesia. Mereka sangat maju. Kalian harus
melihat sendiri pemandangan ini,” kata Muazzam.

Sementara Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj (Kang Said) menyarankan
tamunya untuk berkunjung ke pesantren-pesantren di pedalaman Jawa.

“Saudara akan menemukan banyak pemandangan baru di pesantren-pesantren itu.
Bagaimana para santri itu sangat terikat pada tradisi seperti bersarung dan
berkopiah, tetapi bacaan mereka menjangkau pemikiran Timur hingga Barat,”

kata Kang Said.

Muazzam berharap Inggris dan NU melanjutkan kerja sama terutama di bidang
pendidikan dengan pertukaran pelajar. “Saya senang kalau pelajar Inggris
berkunjung ke sini sehingga dapat membuka pandangan mereka. Saya ingin
mereka sadar bahwa kekerasan Islam selama ini hanya stigma.”

Selama ini, menurut Muazzam, pelajar Inggris hanya melihat citra Islam
Wahabi dan Salafi di Timur Tengah. (*Alhafiz K*)

Sumber:

http://nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,44-id,62346-lang,id-c,nasional-t,Dubes+Inggris+Harap+Pelajarnya+Lihat+Kelenturan+Berislam+di+Indonesia-.phpx

--
http://harian-oftheday.blogspot.com/