Wanita Berjilbab Dilarang Naik Bus di Australia
Sabtu, 25 Juli 2009 08:10

Sydney, NU Online
Larangan naik bus oleh seorang supir terhadap seorang muslimah Australia
telah memicu pertengkaran karena wanita itu mengenakan jilbab.

Ibu dua anak tersebut mengatakan sopir itu tak mengizinkannya naik bus. Tapi
setelah adu mulut, sopir itu membolehkannya naik bus.

"Waktu saya naik, sopir itu berkata `Kamu tak boleh naik karena pakai
topeng," ujar wanita itu kepada harian Daily Telegraph edisi Jumat seperti
dilaporkan AFP.

Ketika menjelaskan bahwa yang dikenakannya adalah pakaian sesuai perintah
agama, wanita itu mengatakan pengemudi tersebut menanggapinya: "Maaf, ini
undang-undang."

"Saya beritahu dia ini bukan undang-undang dan sopir itu berkata `Kamu harus
memperlihatkan mukamu," tambahnya.

"Saya berkata kepadanya, `Tak ada beda antara saya dan wanita yang yang
duduk di sana yang memilih tak memakai seperti apa yang saya kenakan,"
ujarnya.

Perusahaan bus itu Hillsbus, mengatakan pengemudi tersebut sedang dimintai
keterangannya. "Kami sedang menyelidikinya dan bekerja secepatnya," ujar
seorang juru bicara perusahaan itu.

Jumlah penganut Islam di Australia mencapai 1,7 persen dari 22 juta jiwa
penduduk negara itu yang mayoritas Kristen. (ant/nur)

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: