On Sun, May 19, 2002 at 11:36:17AM +0700, hmi wrote:
> Kalo dl di sini pake dialup .. ya lumayan juga deh ..;-)
> Btw, mas Irwan saya masih belum bisa retrieve email nih. Ada 3 pilihan:
> standard, maildrop dan etrn. Kepinginnya sih saya retrieve email DomainPop
> di cjb.net sehingga enggak usah pake MDaemon lagi.

standard itu ya POP3, kalau ETRN itu dilakukan dari SMTP tanpa lewat
POP3 lagi.
Jadi anggap mail server di cjb.net pakai mail server yang menyediakan
fasilitas ETRN macam postfix, sendmail, exim, (qmail tidak). Nah anggak
cjb.net ini dijadikan secondary MX dari annida.net, maka ketika
annida.com down, ya email ke @annida.net akan numpuk di cjb.net, tapi
ketika annida.net kembali online, maka Pak HMI tinggal telnet ke port 25
(SMTP) dari cjb.net dan ketik
ETRN annida.net

maka si cjb.net akan langsung mendelivery emailnya ke annida.net
serentak.
Kalau maildrop, masih kurang jelas, soalnya nggak pernah pakai sih.
Mungkin nanti akan ada pilihan ke 4, yaitu pakai UUCP ;)