At 12:15 AM 12/31/02 -0700, Irwan Hadi wrote:

Saya sendiri belum pernah lihat servernya secara fisik lho....
kalo ada yg bawa digital camera, ntar fotonya saya kirimin deh ;-)
biar tau servernya kayak apa he.he.

BTW server yang eks rad.net sudah up, masih saya update dan poles sana
sini sekarang. (sekarang saya lagi poles Apache, nanti mail server,
dsb.)
yup
saya udah minta orang teknikal sana untuk bantu

Dalam waktu beberapa jam harusnya sudah selesai.

ns1# uname -a
FreeBSD ns1.sekolah2000.org 4.7-STABLE FreeBSD 4.7-STABLE #0: Tue Dec 31
12:33:37 JAVT 2002
[EMAIL PROTECTED]:/usr/src/sys/compile/Sekolah2000  i386
ns1#
berarti udah jadi 4.7 stable dong... kalo bisa sih diusahakan sebisa mungkin ngga banyak restart he.he..
kalo ngga kita yang repot nantinya
sekalian kalo ada perlu mengenai server tsb, kirim email aja ke [EMAIL PROTECTED]

Anyway yang sedang saya lakukan di USU adalah maintain server milik
Economics Department -> http://econ.usu.edu.
Servernya pakai Windows 2000 Advanced Server dan Microsoft Exchange
2000 standard edition.
Kalau di USA harga Windows 2000 Advanced Server dan MS Exchange untuk
pendidikan murah meriah (Baca: Terjangkau).
http://www.usu.edu/tas/licenses/MS_Price_Nov2002.pdf
Windows 2000 Advanced Server $415.28, Exchange 2000 standard edition -> $266.83.
Sebagai perbandingan gaji minimum per jam untuk mahasiswa itu $5.15,
jadi kalau mahasiswa itu kerja 20 jam seminggu on campus, maka dalam 2
1/2 minggu dah bisa beli Exchange 2000 Standard edition.
koq murah ya...
apa itu student/education price?

Kalau di Indonesia mah license untuk Windows 2000 Advanced Server / MS
Exchange malah gratis ya ? pakai licensenya GPL (Glodok Publik License).
he.he..
maklum lah pak irwan...
gaji disini khan masih rupiah belum dollar
(denger2 mata uang rupiah mau dijadiin dolar indonesia, bener ngga yaa isunya ??)

Servernya baru pindah dari Gateway ALR 7200 P III 500 Dual Processor Ram 1 GB, hard disk
3X 9GB RAID 5 ke server baru karena servernya yang lama sudah 3 tahun
umurnya. Kalau di USU, ada ketentuan hardware yang umurnya sudah 3 tahun
boleh diganti yang baru alias boleh minta dana untuk mengganti hardware
tersebut.

Server yang baru adalah Dell PowerEdge 4600 dengan dual processor P IV
Xeon 2.0 Ghz, ram 2 GB (ya betul dua gigabyte), hard disk 3 X 73 GB
dengan RAID 5 harganya sekitar $5400.
spec nya keren abis tuh...
boleh ngga jadi mx backup sekolah2000? ;-)

Yang sekarang saya kerjakan adalah merubah web site Economics ke
dynamics website (dengan database backend). Database servernya kita
pakai Microsoft SQL Server 2000 standard edition per processor based
license, jadi dengan total 2 processor kita kena bayar $3500 untuk
licensenya. Well, Microsoft pintar juga soal mengeruk uang saya pikir
pikir. Ada rencana sebelumnya untuk pakai MySQL karena dia bisa run
natively di Windows platform tanpa perlu Cygwin32 sama sekali. Tapi
masalah utama dengan MySQL adalah dia masih half baked database. Kalau
hanya untuk web backend saja sih nggak masalah, tapi masalahnya database
di Econ itu akan kita pakai juga untuk data warehousing, jadi kita perlu
database server yang support view, stored procedure, sub query, foreign
key constraint, dsb.
half baked itu apa maksudnya...?
lagian postgress bukannya sudah support fitur2 itu?

Karena web servernya pakai IIS, ya saya developnya dengan menggunakan
ASP.NET. Tapi develop web nya juga nggak mudah mudah amat karena setiap
input dari user HARUS dan WAJIB diverifikasi untuk menghindari SQL
Injection attack, dsb. Proses checking user input kadang menjemukan
juga..
boleh juga tuh ilmunya dibagi ama temen2 disini yang mau belajar ASP

regards,
koro

---

--- StripMime Report -- processed MIME parts ---
multipart/mixed
---