Mas daniel mohon bantu dikit ya;

dalam konfigurasi soundcard (audio hardware) ada dua suara keluaran (output
audio) ada waveout (suara/percakapan dll) dan music; kadang kala kedua
sistem tersebut counflik (hank). Sehingga dua diantaranya tidak benar atau
tidak on. Hal ini bisa banyak sebabnya;

1. Karena semua program multimedia/games biasanya membawa configurasi audio
sendiri-sendiri yang belum tentu completable dengan saudcard kita yang punya
sofeware dan sudah pasti on dengan sistem anda.

2. Pada masalah anda terlihat audio tidak konflik dengan program Windows
atau program internet anda sehingga semua completable bisa jalan baik
configurasi tidak terganggu.

Tetapi ketika anda menggunakan Game (anda tidak menjelaskan tipe game anda
berjalan dibawah operasi DOS atau Windows) ada kemungkinan audio game anda
tidak mendeteksi atau malah tidak teristal dengan baik sehingga tidak
terbaca configurasi game anda.

Tawaran pemecahannya;
1. coba cari direktori game anda kemudian; cari file setup atau file audio
dan setup kembali konfigurasi soudcard dan tipe suara yang ada di komputer
anda jangan sampai salah anda harus tahu benar kalau tidak anda harus
mencoba berkali-kali sampai sesuai konfigurasi sound game anda dengan
souncard anda. Ingat konfigurasi audio ada dua music dan suara.

2. Untuk mengetahui configurasi souncard (hardware) yang ada di komputer
anda; anda harus punya sofeware soundcard tersebut yang sudah pasti
completable dengan soundcard (hardware) pada komputer (PC) anda. Caranya
adalah coba install ulang ke windows anda lagi. (mau tidak mau karena kalau
anda lupa posisi output keluaran pada soun anda). Kemudian catat angkanya
baik keluaran suara maupun musicnya. Langkah selanjutnya adalah situp ulang
game anda dan sesuaikan posisi sound game dengan soud pada hardware yang
sudah anda dapatkan.

3. Saya rasa pemecahannya adalah disana. Kalau benar tidak ada kerusakan
(phisik) pada Soudcard. Karena keluaran audio pada komputer itu ada dua;
keluaran PC yang disebut specker PC yang biasanya keluar suara Bit. Atau
suara dari Card/kartu suara yang mengunakan speker external. Dugaan saya
suara yang keluar ketika komputer anda ketika dihidupkan dan dimatikan
adalah suara yang keluar dari speker External yang terhubung ke Soudcard
jadi bukan suara speker yang ada di dalam komputer (PC) yang anda jelaskan
di posting ini.

Semogga anda sukses ber game ria.

MYP