Ah aki ini gimana sih kan dari dulu juga mereka itu bukan wakil aki.

salam

-----Original Message-----
From: Ki Denggleng Pagelaran [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Thursday, July 26, 2001 12:02 AM
To: [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED];
[EMAIL PROTECTED]
Cc: DPR MPR Watch!
Subject: [Kuli Tinta] Ngelindur...Re: [indonesia_damai] tanda-tanda

Kalau polling di metroTV dan RCTI maupun TPI syah dan
valid, maka akan menjadi bukti bahwa keberadaan MPR (dan
terutama DPR) benar-benar jauh dari aspirasi rakyat.

Di metroTV, polling telepon menunjukkan bahwa SBY memper-
oleh 9 ribu lebih, HH 9 ratus kurang dan AT hanya 3 ratus lebih
sedikit, dengan judul polling "Yang PATUT menjabat wapres".

Itu artinya dari sebagian kecil masyarakat yang punya telepon
dan bersedia mengikuti polling (polling ini jelas lebih fair diban-
dingkan polling-2 sebelumnya yang bercirikan 'pro dan kontra')
perbandingan penganggap kepatutan antara SBY:HH:AT
adalah 30:10:1, untuk SBY. namun yang terpampang di papan
penghitungan suara HH:AT:SBY justru menjadi 4:3:1...
yang kelihatannya HH dan AT akan bersaing dalam putaran
ke-3. Tetapi sebagai ketua MPR, AR telah menyatakan bahwa
satu putaran itu sudah cukup (artinya jadi dua putaran pemi-
lihan Wapres).  Dan kemenangan kelihatannya akan ada
di tangan HH.

Jadi dimana keberpihakan thd. rakyat atau sedikitnya para
pemilih partai yang akhirnya menghantar mereka-mereka yang
'minta ampun deh' mutunya di gedung terhormat itu. Ketidak
bermutuan anggota MPR nampak jelas pada cara-cara menu-
liskan pilihannya di kertas (kartu) voting. Ada yang ditambahi
'merdeka' ada yang 'sekali-sekali.... dong', ada 'oye' ada 'ok'
bahkan ada yang basmalah segala. Penulisan nama pilihan
pun mencerminkan 'mutu' mereka. Padahal jelas di papan
penghitungan suara ditulis nama-nama: Dr H. Hamzah Haz,
Ir H. Akbar Tanjung dan Susilo Bambang Yudoyono, MA.
Apa salahnya sih menulis misalnya H. Haz, A. Tanjung, S.B.
Yudoyono... sehingga terkesan cerdas dan 'nguteg' dibanding
dengan imbuhan 'horas', insyaallaah, saudaraku, bung...
oye, oke, ok, dong. dsb. Bahkan ada yang menuliskan
ABSeN... hehehe mungkin maksudnya abstain....
duh-duh anggota majelis... yang bersidang dengan biaya
20 milyar rupiah.....

Hanya memang patut dicatat dalam MURI-nya Jaya Suprana
tentang prestasi ketua MPR dengan dukungan partai kurang
10%, perstasi ketua MPR yang berhasil mengakali pemenang
pemilu jadi presiden dengan melalui jabatan wakil presiden,
prestasi menggelundungkan presiden... dan aku khawatir,
bahwa beliau ini hanya karena kepingin sering-sering duduk
dan tampil di 'kursi pimpinan sidang majelis'.... kalau itu yang
terjadi.. yaaa tinggal menyaksikan saja permainan-2 cantik,
clear dan smooth manjeles persuwekan rokyat itu....

    Ki Denggleng Pagelaran
ternyata politik memang bukan matematika
melainkan logika kotor....