From: Tunggal Ika <[EMAIL PROTECTED]>

+++ itulah sebabnya orang indonesia bertuhan cuman di mulut doang, engga di hati,
+apalagi engga pakae hati...

Secara kebetulan semalam saya melihat Soekarno dalam pidatonya [file arsip nasional]
membeber pemahamannya  mengenai manusia Indonesia yang berketuhanan.

Kita mendengar sendiri bagaimana itu harus menjadi dasar agar kita bisa hand in hand
untuk hidup bersama dalam keanekaragaman. Dan, itu diucapkan sendiri oleh
kristalisatornya.

Ketika ber-Tuhan cuman di mulut doang, denga kata lain agama sebagai atribut, maka
sebenarnya prasyarat yang dimaksud oleh Soekarno tersebut tidak terwujud. Sangat Logis
kalau muncul keretakan-keretakan tali persaudaraan yang tadinya sudah terjalin. Maluku
dengan Pela Gandong nya sangat jelas. Kupang demikian juga.

Bagaimana mungkin norma yang sudah terbentuk puluhan tahun tiba-tiba musnah
seakan-akan norma itu belum pernah ada.

Pertanyaan kritis tentu saja muncul: apa causa primanya?

Sebelum kita bisa menemukan jawaban atas pertanyaan itu maka sebenarnya kita sedang
menyelesaikan masalah dengan membuat masalah baru. Seperti hari Rusli semalam
mengatakan bahwa kesejahteraan dan kebahagiaan jangan selalu diukur dengan materi.

Mungkin renungan Hari Rusli bahwa kjita telah kehilangan kepribadian sebagai bangsa
Indonesia, kalau dikaitkan dengan ucapan Soekarno sebagai manusia yang berkeTuhanan
tidak cuman di mulut doang, bisa membimbing kita untk menemukan jawaban atas
pertanyaan diatas.

Merayakan peringatan hari proklamasi kemarin saya ajak harmonic saya ke Monumen Ngoto
tempat jatuhnya pesawat yang ditembak Belanda hingga menyebabkan Agustinus Adisutjipto
(Katolik) dan Abdul Rahman Saleh (Islam) meninggal. Banyak cerita dan pertanyaan yang
membimbing ke perenungan menghadapi fenomena ber-Tuhan cuman di mulut doang vs tujua
proklamasi 1945. Saya pesan kepada harmonic itu, lebih baik engkau tidak beragama
kalau agama hanya akan menumbuhkan rasa permusuhan dengan sesama manusia ciptaan Allah
(bagi yang percaya).

Have a nice week end.

ез

...........Menuju Indonesia yang Demokratis dan Berkeadilan............
Untuk bergabung atau keluar dari Milis, silakan anda lakukan sendiri
Bergabung: [EMAIL PROTECTED]
Keluar: [EMAIL PROTECTED]

->Cake, parcel lebaran & bunga2 natal? Di sini, http://www.indokado.com<-
->  FREE email !! [EMAIL PROTECTED] ... http://www.kulitinta.com  <-