anda lihat di lifewithqmail, anda harus seting port 25 (SMTP Protokol)
untuk LISTEN connection
port ini dipakai untuk komunikasi email server dengan email server lain.
coba lihat  # netstat -an (jika tcp protokol port 25 LISTEN) sebenarnya
sudah aktif. jika belum lakukan :

anda harus mengaktipkan
smtp qmail memakai /etc/inetd.conf    pada smtp kalau ada tanda # anda
buang commentnya terus anda ganti untuk menjalankan qmail (syntaxnya lupa).
Di Linux 7.x configurasi ada di /etc/xinet.d (direktori) Di FreeBSD 4.3
default port 25 memang dipakai qmail. anda tinggal buang tanda #
restart kill -HUP `cat /var/run/inetd.pid`  atau anda lihat pid nya inetd
pakai ps -ax.

atau anda pakai tcpserver (install dulu ucspi.tar.gz). (Lebih disarankan)

Please respond to [EMAIL PROTECTED]