On Wed, Nov 21, 2001 at 09:44:47AM +0700, Onno W. Purbo wrote:
> saya kemarin sempat pakai kavantivirus pakai postfix
> tapi bisa juga utk sendmail & qmail ..
> ada distributor-nya di Indonesia <[EMAIL PROTECTED]>
> engga susah juga instalasi-nya ..

Sebaiknya rekan-rekan yang bermaksud memasang antivirus di mailserver
tidak menggunakan seluruh tools yang disediakan oleh paket antivirus
yang bersangkutan. Salah satu problemnya adalah beberapa tools ini
tidak support multiple recipients.

Saya sendiri termasuk golongan yang tidak setuju memasang antivirus
di mailserver, tapi kalau memang harus memasangnya juga, jangan lupa
untuk disable sender notification. Tidak akan pernah merugikan anda
(pemilik mta+antivirus, red) tapi ada kemungkinan merugikan orang
lain. Contoh: kasus worm akhir-akhir ini, menggunakan 'fake' atau
random envelope sender, sehingga virus notification akan dikirim ke
orang yang salah (bbrp waktu lalu mailserver saya sempat kena 'DoS'
hanya karena masalah ini).

Salam,

P.Y. Adi Prasaja