> Selama ini, anggapan saya SQUID itu hylah web-cahe proxy yg
> berfungsi  dari luar (external) ke dalam (web server) dengan
> tujuan mempercepat  akses browser dari luar yg akan akses web
> server kita.

Squid bisa proxy sekaligus caching (optional). Dari websitenya squid
juga ditulis gede2 :) http://www.squid-cache.org/

Tapi umumnya bukan dr luar ke dalam seperti yg anda bilang, tapi malah
sebaliknya. Namun, squid juga support yg seperti anda bilang di atas,
namanya httpd accelerator mode.

> Terus terang saya agak rancu dengan istilah proxy di Windows
> karena di  Windows ada proxy seperti nomer satu diatas ... sdgkan
> di Linux cuma tau  ip_masq

IP masq dan proxy itu dua hal yg berbeda dan tidak bisa dibandingkan.
IP masq itu sekumpulan rules sedangkan proxy itu aplikasi server. IP
masq mendukung network address translation di layer IP sedangkan
Squid (dan proxy lain) bertindak sebagai perantara yg meneruskan
request dan reply HTTP yg merupakan aplikasi dari TCP yg kemudian
baru diencapsulate dg IP, jadi 2 layer di atasnya.

Ronny