On 02-Dec-2001, systemadmin guci wrote:
> Kalau saya gunakan satu mesin firewall, apakah semua
> komputer yang gateway-nya di arahkan ke firewall
> server telah di cover oleh firewall box tersebut..?
> Walaupun mail server dan webserver menggunakan IP
> luar.

umumnya firewall bekerja di layer 3 osi (network layer)
mengatur koneksi routing, forwarding, nat dll.

jika jaringan anda adalah privat, mailserver ada di jaringan privat dan
ingin diakses dari publik maka anda harus membuatnya seolah-olah berada
di publik dengan cara menerapkan port-forwarding di firewallnya

jika jaringan anda publik, otomatis semua ip  publik anda bisa diakses
dari publik, firewall di sini fungsinya mencegah koneksi tertentu yang
tidak diinginkan

--
Star Trek Chronology:
2260 -- Anna March enrolls in the same art class as Ethan on Nova Empyrea -- [TOS #72]