> Dengan util-linux, rename, kita cukup menjalankan:
>
> % rename .htm.txt .txt *.htm.txt
>
> Tapi, kalau file yang mau direname banyak. maka *.html.txt
> kemungkinan melebihi batas panjang argument list yang diijinkan.
> Makanya bisa pakai 'find':
>
> % find /path -name '*.htm.txt' -type f -exec rename .htm.txt .txt
> {} \;
>
> Note: contoh saya tidak pakai xargs :-)

Ah, betul juga, saya baru sadar.. masalahnya xargs mengambil input dr
stdin, jadi utk list nama filenya juga perlu pake find atau
sejenisnya, tidak bisa sekedar pake shell globbing seperti 'echo
*.htm.txt | xargs rename ...'.

Tapi sebetulnya kalo banyak, justru digabung dg xargs akan lebih
efisien soalnya kalo pake -exec maka program rename akan dispawn
sebanyak matchnya, sedangkan kalo dipipe ke xargs akan dispawn
seperlunya (biasanya cuma 1 kalo argumennya tidak kepanjangan).

find /path -name '*.htm.txt' -type f -print0 | xargs \
                               -0 rename .htm.txt .txt

Ronny