Sebenarnya peluang kerja di Linux itu banyak loh, sekarang banyak perusahaan
mau migrate ke Linux butuh orang2 untuk handle ini.
Problemnya:
1. Perusahaan ngak tau harus cari orang seperti apa yang sesuai kebutuhannya.
Ngak ngerti kebutuhannya apa dan ngak ngerti kualifikasi seperti apa yang
dibutuhkan.

2. Resistensi dari orang lama yang ogah belajar tapi takut disaingi dan
merasa terancam kedudukannya.

3. Budget yang terbatas, jadi harus cari orang yang kemampuannya sesuai
dengan kebutuhan saja.

Ada client saya yang lagi butuh SysAdmin pemula, artinya dia mau pakai linux
tapi ngak butuh yang jago2 banget hanya untuk manage sehari2 saja (adduser,
deluser, bikin mailbox dsb, yang susah2 kan dia ada kontrak maintenance dan
servis sama kita) dan budget nya juga ngak gede2 amat, dia mau cari untuk
yang gajinya sekitar Rp.1 jt/bulan.

Jadi kalo cuman SMU juga jangan kawatir asal mau belajar linux karena yang
penting bukan ijazah sekolahnya tapi kemampuan/keahlian di Linuxnya.

Salam,

Ase

--
PT. Linuxindo Total Solusi