On Fri, Dec 21, 2001 at 05:33:18PM +0700, Agus Budy W wrote:
> TCP juga pasti emit ICMP saat connect.
>
> check:
> tcpdump -i netdev 'host target.host.domain and (tcp or icmp)'

Tidak perlu, tcp punya mekanisme 'handshaking' untuk memastikan
apakah remote peer accept connection/tidak. sedang untuk udp, untuk
mengetahui adalah (dugaan saya sebelumnya): set timeout (?), select
status socket (ternyata salah), check icmp reply host unreachable
dari remote peer (ini yang banyak dipakai, jangan-jangan satu-satunya
cara).

Salam,

P.Y. Adi Prasaja