On 06-Feb-2002, Dapid Candra wrote:
> Saya mau set up dua server, satu sebagai web server, satu
> sebagai mail server. Web servernya digunakan untuk melayani
> akses webmail, tapi mailnya ada di mailserver. Ada yang tahu
> paket untuk setup webmail dengan konfigurasi seperti ini? Orang
> juga bisa daftar alamat e-mail baru lewat interface web dan bisa
> akses pake pop3.

Pasang IMAP server di mail servernya. Kalo nggak mau ngasih service
IMAP ke siapa2 selain webserver, ya batasi cuma IP web server yg bisa
akses IMAP.

Lalu install aplikasi webmail pilihan anda (rekomendasi saya:
SquirrelMail) di webserver, configure utk menggunakan IMAPnya
mailserver anda.

Kebanyakan IMAP server menyediakan POP3. Rekomendasi saya: Courier
MTA (atau courier-imap-nya aja kalo nggak mau full-blown mta).

Ronny