sekarang udah siuman gak pingsan lagi mail server-nya. saya sudah betulkan addressnya
dan sekarang sudah bisa telnet dari client (namun localhost jadi gak bisa).

sebetulnya pada mail server ada beberapa ip address dari beberapa subnet (karena tidak
ada router). pertanyaannya gimana supaya subnet lainnya juga bisa diterima via smtp
port itu?

terimakasih banyak.
salam
gurnita