On Wednesday 27 February 2002 18:23, Andy wrote:
> lho  kalo ndak pake sfq itu ndak bisa pake full speed?

Ya itu "antara lain".
Maksudku, dari "banyak jalan ke Roma", SFQ itu bisa jadi salah satu "jalan".

> bedanya ama parameter ceil di htb gimana ?
Wah, ndak ada hubungannya :-(
"ceil" itu kontrol boundary dari HTB.
"sfq" itu queueing discipline.

> o ya anda kan pake sfq, share donk kelebihannya ama htb atau tbf apa?

Aku bandingkan yang merupakan padanan yah...

SFQ vs TBF

TBF melimit bandwidth ke xxx kbps. Lebih dari itu, di-delay, atau di-drop.

Sesuai namanya, SFQ membagi bandwidth secara "cukup fair", dengan
tetangga-tetangganya.
Contoh, kita bagi, " traffic interaktif" dan "trtaffic bulk".
Atau, kita bagi bandwidth xxx kbps ke sekian user, dengan hak yang sama.
Kalau ada 2 user aktif, ya masing masing dapet 1/2. Kalau ada 100 user aktif,
ya masing-masing dapet 1/100.
Tidak boleh ada yang ngabisin seluruh bandwidth sampai temannya kehabisan :-)

HTB vs CBQ
udah aku tulis di mail sebelumnya :-)

Salam,
Adi Nugroho