> haloo semua... saya mau minta tolong nih
> perlu apa nggak sih squid di linux workstation..? trus

menurut saya ada beberapa alasan perlu/nggak pake squid :

1. squid 'kan proxy cache, baru bermanfaat bila pengaksesnya banyak. kalau
pengaksesnya dikit, cukup pake masquerade (linux ws sbg router).

2. walaupun pengakses dikit, tapi squid juga perlu digunakan bila akses
dari local tidak diperbolehkan konek ke luar (firewall).

> kl perlu settingnya gimana (biar bisa sharing internet
> dengan server linux saya).

nah, mas maulana sebaiknya lihat2 dulu archive postingan milis ini, sudah
banyak yang membahas masalah linux sbg router, firewall, gateway, dll.

salam
arif